Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia, Wagub DKI: Wabah Ini Tidak Bisa Kita Anggap Enteng

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:43 WIB
loading...
Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia,  Wagub DKI: Wabah Ini Tidak Bisa Kita Anggap Enteng
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Warga DKI Jakarta diimbau terus disiplin menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Terlebih virus corona varian baru atau virus jenis B117-UK dari Inggris sudah masuk Indonesia. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, pemerintah telah menyiapkan strategi dalam menghadapi virus jenis B117-UK. "Terkait varian baru tentu pemerintah DKI, terlebih pemerintah pusat, sudah menyiapkan konsep dan strategi penanganannya," ujar Riza Patria, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (3/3/2021).



Politisi Gerindra ini mengingatkan bahwa salah satu kunci utama dalam menghadapi varian baru Covid-19, yakni dengan terus memperketat protokol kesehatan.

"Masalah wabah ini tidak bisa kita anggap enteng. Tugas kita bersama adalah memastikan diri kita, keluarga kita lingkungan kita, masyarakat kita, semuanya se-bangsa se-tanah air, bisa sehat selamat," tutupnya.



Mengutip pendapat para ahli, Riza menyebut penyakit yang masuk kategori wabah, tidak dapat terselesaikan dalam waktu singkat. Jadi, harus memiliki tenaga ekstra dan membuat berbagai kebijakan guna menghilangkannya. "Membutuhkan waktu kesabaran kita untuk itu," ungkapnya.

Riza melanjutkan, butuh kolaborasi antarlembaga dalam menghadapi virus baru itu. "Tetapi seluruh dunia bersama-sama mengantisipasi melakukan pencegahan dan tentu penanganan dan pengendaliannya ke depan," tandasnya.



Kementerian Kesehatan sebelumnya merilis temuan dua kasus Covid varian baru atau virus jenis B117-UK dari Inggris di Indonesia.

"Tadi malam (Senin malam) saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK di Indonesia," kata Wakil Menteri Kesehatan RI (Wamenkes) Dante Saksono.

(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2229 seconds (0.1#10.140)