Tol Bocimi Seksi 2 Ditarget Beroperasi Tepat Hari Kemerdekaan RI

Sabtu, 27 Februari 2021 - 21:35 WIB
loading...
Tol Bocimi Seksi 2 Ditarget Beroperasi Tepat Hari Kemerdekaan RI
Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Foto: Dok SINDOnews
A A A
BOGOR - Progres konstruksi Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ( Bocimi ) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 Km telah mencapai 76,50 persen. Ditargetkan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 bisa beroperasi pada Agustus 2021 atau Hari Kemerdekaan RI.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 kilometer (Km).
Baca juga: Pembangunan Tol Bocimi Seksi 2 Capai 58%, Ditarget Pertengahan 2021 Selesai

Kehadiran Jalan Tol Ciawi-Sukabumi dapat menjadi jalan alternatif menuju Jawa Barat bagian selatan terutama bagi angkutan logistik yang selama ini harus berhadapan dengan kemacetan pada ruas Jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif mampu mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Semakin lancarnya konektivitas diharapkan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah di Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya. Selain itu juga mendukung produktivitas sektor pariwisata seperti Pelabuhan Ratu, Curug Awang, Curug Cikaso hingga Gunung Gede.

“Jalan tol ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas terutama arus komoditas,” ujar Basuki dalam keterangannya, Sabtu (27/2/2021).
Baca juga: Kecelakaan di Jalan Tol Dalam Kota, Satu Orang Terluka

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 Km terdiri dari 4 Seksi yaitu Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 Km), Seksi II Cigombong-Cibadak (11,9 Km), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 Km), dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 Km).

Jalan tol ini dikelola Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol dengan nilai investasi sebesar Rp11,71 triliun.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)