Antrean Sempat Viral, Vaksinasi Lansia RSUD Kembangan Dipantau Komisi IX DPR

loading...
Antrean Sempat Viral, Vaksinasi Lansia RSUD Kembangan Dipantau Komisi IX DPR
Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris meninjau vaksinasi lansia di RSUD Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (23/2/2021). Foto: Ist
JAKARTA - Setelah sempat viral karena antrean mengular, RSUD Kembangan , Jakarta Barat kini sudah memperbaiki manajemen vaksinasi Covid-19 untuk lansia. Setidaknya hal itu tampak saat Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris meninjau proses vaksinasi di rumah sakit pelat merah tersebut.

“Dibanding hari pertama yang sempat viral, sekarang manajemen pengelolaannya sudah jauh lebih baik,” kata Charles. Itu diungkapkan Charles yang datang bersama anggota DPRD DKI Jakarta Ima Mahdiah di RSUD Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (23/2/2021).
Baca juga: Viral! Lansia Dibiarkan Antre Berdiri Berjam-jam untuk Divaksin Covid-19 di RSUD Kembangan

Dia juga menyampaikan sejumlah bantuan dari Kementerian Kesehatan kepada fasilitas kesehatan pemerintah tersebut.

Hasil pantauan Charles di RSUD Kembangan, setidaknya warga lansia yang datang untuk vaksinasi membutuhkan waktu satu jam. “Dari masuk sampai keluar (RSUD) kurang lebih 1 jam. Tiga puluh menit untuk observasi dan 30 menit lagi untuk proses sampai divaksin,” ujar anggota DPR dari Dapil Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu ini.



Menurut dia, durasi waktu proses vaksinasi tersebut cukup baik. Namun, dia berharap efektivitas agar terus ditingkatkan. “Sehingga tidak terjadi kerumunan,” ucap politikus PDI Perjuangan itu.

Usai memantau RSUD Kembangan, Charles kemudian mengunjungi RSUD Tamansari yang juga berlokasi di Jakarta Barat. Di fasilitas kesehatan pemerintah tersebut, dia juga mendapati proses vaksinasi berjalan tertib, tanpa ada kerumunan.

“Saya juga senang sekali masyarakat di sini antusias untuk divaksin dan beberapa yang saya temui mengatakan memang tidak ada efek samping yang dirasakan,” ujarnya.
Baca juga: RSUD Kembangan Dapat Bantuan Alat Disinfektan Berteknologi Korea



Untuk itu, dia meminta warga lansia yang sudah divaksin untuk memberitahu kepada warga lainnya bahwa vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah aman sekaligus halal.

“Karena dari hasil survei beberapa lembaga juga menunjukkan tidak sedikit masyarakat yang enggan divaksin. Jadi mari kita sama-sama memberikan testimoni kepada tetangga kita dan masyarakat luas bahwa vaksinasi aman dan halal,” ujar Charles.

Tidak lupa, politikus muda ini juga berterima kasih kepada tenaga kesehatan, khususnya di bawah Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat serta sejumlah pihak yang sudah bekerja keras mulai dari saat pandemi merebak sampai proses vaksinasi Covid-19 sekarang ini.

“Mari kita terus bekerja keras dan bergotong-royong sampai herd immunity tercipta dan kita bisa sama-sama keluar dari pandemi,” kata Charles.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top