Basarnas Terjunkan Special Group Evakuasi Korban Tanggul Citarum Jebol

Senin, 22 Februari 2021 - 05:53 WIB
loading...
Basarnas Terjunkan Special Group Evakuasi Korban Tanggul Citarum Jebol
Tim SAR dan relawan mengevakuasi sejumlah warga korban tanggul Sungai Citarum jebol di Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (21/2/2021). FOTO/DOK.BNPB
A A A
JAKARTA - Tanggul Sungai Citarum di di Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (21/2/2021). Akibat tanggul jebol itu banyak daerah di wilayah itu terendam banjir.

Ketinggian banjir beragam. Berdasarkan pantauan tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jakarta, mulai dari 40 hingga 200 cm. Pemukiman warga banyak yang terisolasi akibat arus yang cukup deras dan tinggi.

"Satu tim rescue Basarnas sudah berada di lokasi untuk melakukan assessment menentukan jalur evakuasi dari area yang terdampak, kami juga mengirimkan personel tim rescue tambahan dari Basarnas Spesial Grup untuk bergerak sore tadi," kata Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jakarta.

Baca juga: Tanggul Sungai Citarum Jebol, 12.000 Warga Bekasi Mengungsi

Hendra menegaskan, hingga pukul 21.00 WIB tadi malam, tim rescue dibantu unsur gabungan dari Gerebek dan Laskar Merah Putih sudah berhasil melakukan evakuasi 30 orang warga yang terjebak banjir ke tempat yang lebih aman.

Untuk diketahui, di daerah tersebut kondisinya sangat gelap serta sinyal alat komunikasi sangat sulit diakses hingga saat ini.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan evakuasi terhadap warga hingga malam ini karena masih banyak yang terisolir," kata Hendra.

Baca juga: Tanggul Jebol Picu Banjir Beberapa Desa di Kabupaten Bekasi


(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)