Jakarta Dikepung Banjir, Mantan Gubernur Djarot: Alhamdulillah...!

Minggu, 21 Februari 2021 - 12:02 WIB
loading...
Jakarta Dikepung Banjir, Mantan Gubernur Djarot: Alhamdulillah...!
Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saeful Hidayat. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan daerah sekitarnya menyebabkan banjir dan genangan di sejumlah titik Ibu Kota. Air kali yang meluap masuk ke permukiman warga.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, pun turut menyinggung soal banjir di Ibu Kota ini. Ia menuturkan, rumahnya di kawasan Jakarta Selatan, juga ikut terdampak.



"Pak Gubernur, Pak Anies ini harus kita bantu karena kerja tiga tahun ini masih belum kelihatan. PDI Perjuangan sepakat untuk bisa membantu rakyat DKI sebetulnya," ungkap Djarot.

Djarot juga menyinggung soal Waduk Cincin yang belum diperhatikan oleh Pemprov DKI. Saat berada di lokasi, ia sempat berbincang dengan warga dan mendapati fakta bahwa sudah tiga tahun waduk ini belum dikeruk, sehingga baunya agak sedikit menyengat. Dia mengungkapkan sejatinya Waduk Cincin ini awalnya bisa digunakan untuk wisata air.



"Padahal sebelum kita lengser jadi Gubernur itu, kita ground breaking untuk wisata air. Bahkan untuk atlet jet ski, dayung. Tapi dengan kondisi seperti ini maka mari kita bantu Pak Anies untuk meneberkan ikan di sini agar waduk ini dikeruk. Ditanamin di sini supaya rindang, bisa memberikan manfaat bagi warga Jakarta Utara," kata Djarot.

Jakarta Dikepung Banjir, Mantan Gubernur Djarot: Alhamdulillah...!


Dia juga menyampaikan soal cuaca ekstrem yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Menurutnya, ini sudah diprediksi sudah lama. "Ini sudah diprediksi lama. Maka karena itu, ini menuntut kepala daerah bekerja ekstrem, bekerja keras untuk mengantisipasi perubahan iklim. Kalau kerjanya biasa-biasa saja susah," tutur Djarot.

Dia melihat banjir yang terjadi di Jakarta Selatan lantaran sodetan Kali Ciliwung ke Banjir Kanal Barat tidak diteruskan. "Sehingga tidak melimpah kemana-mana. Ini bisa menyelamatkan orang banyak. Karena filosofinya berbeda. Mungkin filosofinya lebih arif, air itu ditahan saja biar lama supaya kita bisa dapat ikan di situ bikin kolamnya. Air ini kan seharusnya dialirkan ke laut," jelas Djarot.

Dalam acara tanam pohon dan tabur benih ikan di Waduk Cincin, Jakarta Utara, ini turut dihadiri Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP Sadarestuwati, dan Ketua DPP PDIP yang juga Menteri Sosial Tri Rismaharini.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0842 seconds (0.1#10.140)