Antisipasi Banjir Susulan, Warga Bangka Dirikan Posko Siaga dan Dapur Umum

Jum'at, 19 Februari 2021 - 13:56 WIB
loading...
Antisipasi Banjir Susulan, Warga Bangka Dirikan Posko Siaga dan Dapur Umum
Meski genangan sudah surut, warga Bangka tetap mendirikan posko siaga dan dapur umum untuk mengantisipasi banjir susulan. Foto: SINDOnews/Ari Sandita
A A A
JAKARTA - Banjir di kawasan RT 11/04, Jalan Bangka XI, Kelurahan Bangka, Mampang, Jakarta Selatan, sudah mulai surut. Pagi tadi banjir sempat merendam permukiman warga setinggi 1 meter.

Baca juga: Banjir di Bangka Mampang Surut, Pagi Tadi Sempat Setinggi 1 Meter

Meski genangan sudah surut, warga tetap mendirikan posko siaga dan dapur umum untuk mengantisipasi banjir susulan.

Ketua RT 11, Thukul Mawardi (53), mengatakan, banjir di wilayahnya sudah surut dan warga yang sempat mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing. Namun, masih ada titik lokasi yang terendam air setinggi 40 cm, khususnya di rumah warga yang berada di pinggir Kali Krukut.

Baca juga: Air Kiriman dari Bogor Masuk Jakarta Siang, Ini Perkiraan Permukiman Terdampak

"Di RT 11 ini ada sekitar 500 KK dan kebetulan wilayah ini paling padat di Kecamatan Mampang. Lalu, untuk antisipasi banjir kami siagakan Posko dan Dapur Umum selama musim penghujan ini, kami selalu stand by," ujarnya di lokasi, Jumat (19/2/2021).

Menurutnya, warga biasanya lebih memilih bertahan di rumahnya masing-masing selama air yang menggenangi kawasan RT 11 itu tingginya tak lebih dari 1 meter. Namun, saat ada warga yang ingin mengungsi petugas di lapangan langsung melakukan evakuasi.

Baca juga: RW 04 Cipinang Melayu yang Disebut Anies Sudah Bebas Banjir Terendam 2 Meter

"Tadi pagi juga Pak Lurah, Camat, Plt Wali Kota Jaksel, Kapolres Jaksel juga memantau ke sini dan memberikan bantuan berupa logistik, seperti beras dan makanan siap saji untuk mengkover kebutuhan warga. Lalu kami distribusikan ke warga," tuturnya.

Selama musim penghujan, dia juga selalu berkoordinasi dengan karang taruna dan pihak kelurahan ataupun kecamatan. Sehingga, saat ada luapan air Kali Krukut, warga bisa segera diberikan peringatan melalui lisan ataupun melalui toa di masjid dan musala guna antisipasi menghadapi banjir.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2469 seconds (11.252#12.26)