Aksi Kemanusiaan, Penyintas Covid-19 Anggota Polda Metro Jaya Donor Plasama Konvalesen ke PMI

Sabtu, 06 Februari 2021 - 22:03 WIB
loading...
Aksi Kemanusiaan, Penyintas Covid-19 Anggota Polda Metro Jaya Donor Plasama Konvalesen ke PMI
Polda Metro Jaya melaksanakan Program Kemanusiaan Setetes Darah dengan Penuh Harapan, di PMI DKI Jakarta, Sabtu (6/2/2021). Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Donor plasma konvalesen sangat dibutuhkan untuk membantu pasien terpapar Covid-19. Terlebih lagi pasien yang akut membutuhkan bantuan donor plasma konvalesen untuk meningkatkan daya tahan tubuh (Imunitas).

Hal ini sangat penting demi menyelamatkan nyawa pasien yang terpapar Covid-19 dan menekan angka kematian dengan meningkatkan angka kesembuhan di Tanah Air. Di Jakarta khususnya, kebutuhan donor plasma konvalesen terus meningkat seiring dengan meningkatnya pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan.

Data terbaru menunjukkan pasien positif Covid-19 di Jakarta berada di angka 283.895 kasus. Melihat kondisi tersebut, Polda Metro Jaya melaksanakan Program Kemanusiaan ”Setetes Darah dengan Penuh Harapan”. Puluhan anggota Polri yang pernah terpapar Covid-19 dan sembuh serta sehat dengan kondisi terbaiknya, dikirim untuk melakukan donor plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta, Sabtu (6/2/2021).



Aksi Kemanusiaan, Penyintas Covid-19 Anggota Polda Metro Jaya Donor Plasama Konvalesen ke PMI


“Ini adalah aksi kemanusiaan yang sangat mulia. Saya minta ke jajaran seluruh Anggota Polda Metro Jaya untuk ambil bagian dari tugas mulia ini. Anggota yang pernah terpapar Covid-19 dan dalam keadaan sehat, segera lakukan screening untuk mengetahui kekuatan anti bodinya. Lalu ke PMI untuk segera lakukan donor plasma konvalesen demi menyelamatkan saudara-saudara kita yang terbaring lemah akibat Covid-19 ini. Termasuk saya yang pernah terpapar Covid-19 juga melakukan hal yang sama,” ujar Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo di Gedung PMI, Sabtu (6/2/2021).

Baca juga: Siapkan Bank Donor Plasma, Satgas Minta Penyintas COVID-19 Bergabung

“Mendukung penuh langkah pemerintah menekan angka kematian dan menaikkan angka kesembuhan pasien Covid-19, kami kirim 20 anggota penyintas Covid-19 yang sempat terpapar dan sembuh untuk melaksanakan donor plasma konvalesen ini. Nanti akan terus seperti ini demi membantu sesama,” sambung Hendro Pandowo.

Tidak lupa, Polda Metro Jaya mengajak seluruh masyarakat luas penyintas Covid-19 untuk tidak takut melakukan donor plasma konvalesen ini. “Penyintas Covid, jangan takut lakukan donor plasma ke PMI,” ajak Hendro.



Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Rustam Effendi, mengapresiasi gerakan Polda Metro Jaya dengan aksi kemanusiaan ini. Ia mengatakan, satu orang penyintas Covid-19 sangat penting untuk menjadi pendonor plasma konvalesen demi kesembuhan pasien Covid-19 yang memang sangat membutuhkan kekuatan anti bodi.

“Ini program yang sangat mulia dan baik sekali dari Polda Metro. Betapa pentingnya 1 pendonor plasma konvalesen untuk kesembuah pasien Covid-19. Terlebih lagi pasien yang akut, sangat membutuhkan donor ini untuk meningkatkan anti bodinya dan sembuh dari virus ini,” ungkap Rustam Efendi.

“Saya tidak lihat berapa jumlah pendonornya. Terlebih lagi sampai puluhan Anggota Polri sebagai penyintas Covid-19 ini mendonorkan plasma konvalesen ke PMI. Ini luar biasa sekali. 1 Pendonor saja snagat penting sekali. Gerakan sangat penting agar nantinya diikuti masyarakat yang pernah terpapar Covid-19 dan sembuh untuk menjadi pendonor plasma konvalesen,” kata Rustam.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1982 seconds (0.1#10.140)