Marsda Henri Alfiandi Dilantik Jadi Kabasarnas, Ini Profilnya

Kamis, 04 Februari 2021 - 10:47 WIB
loading...
Marsda Henri Alfiandi Dilantik Jadi Kabasarnas, Ini Profilnya
Marsda Henri Alfiandi dilantik jadi Kabasarnas. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hari ini, Kamis (4/2/2021) akan melantik Kepala Badan Nasional Pencarian (BNPP) atau biasa dikenal Kabasarnas yang baru, yakni Marsda Henri Alfiandi . Henri menggantikan Marsdya TNI Bagus Puruhito yang menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka memasuki waktu pensiun.
Baca Juga: Bertemu Prabowo Subianto, FadliZon: Alhamdulillah Beliau Sehat

Henri sebelum dilantik sebagai Kepala BNPP menjabat sebagai Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara (Asops KSAU).
Baca Juga: Banting Setir Menjadi Youtuber, Mantan Guru Ini Mampu Buka Usaha Sewa Bus Wisata

Henri lahir di Magetan, Jawa Timur 24 Juli 56 Tahun yang lalu, tepatnya 1965. Dirinya menjabat sebagai Asops KSAU sejak 26 Mei tahun lalu.



Dia pun tak asing dengan dunia militer udara sejak kecil. Hal itu dikarenakan, pendidikan sekolah dasarnya ditempuh di SD Angkasa lanud Iswahjudi Madiun per 1979. Akan tetapi, saat SMP dan SMA dirinya lebih memilih bersekolah di sekolah negeri yaitu SMPN 1 Maospati dan SMAN 1 Madiun.

Pendidikan militernya dimulai ketika Tahun 1988 saat dirinya menginjakan kaki di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. Tak puas lulus dari AAU, dirinya terus melanjutkan pendidikan militer. Dimulai dari Sekkau hingga Seskoau pada Tahun 2003.

Baca juga: Sebelum Tabur Bunga, Kabasarnas dan Pangkoarmada I Sampaikan Duka Cita ke Keluarga Penumpang Sriwijaya Air


Tahun 2007 dirinya mengikuti pendidikan militer di luar negeri, tepatnya Lehrgang Generalstabs/Admiralstabsdienst Mit Internationaler Beteiligung (LGAI), Jerman. Terakhir, dirinya mengikuti pendidikan US Air War College melalui Lemhannas di Tahun 2015.

Untuk mendapat pangkat Marsda, Henri membutuhkan waktu selama kurang lebih 30 tahun. Dimulai dari pangkat Letda di 1988 hingga pada akhirnya mendapatkan promosi kenaikan pangkat per 24 September 2018.

Berikut Riwayat Jabatan dan Riwayat Penugasan Henri sebelum menduduki posisi Kepala BNPP yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. 26—07—1988: Pa Dp Gubenur AAU
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)