Langit Mendung, Pasukan Biru Langsung Siaga Banjir

Kamis, 28 Januari 2021 - 15:49 WIB
loading...
Langit Mendung, Pasukan Biru Langsung Siaga Banjir
Petugas bersiaga di titik banjir di wilayah Jakarta, beberapa waktu lalu. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Langit mendung menjadi pertanda petugas Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta atau Pasukan Biru siaga banjir. Petugas ditempatkan di titik-titik rawan banjir atau genangan.

"Khususnya di jalan-jalan strategis yang menjadi fokus penanganan seperti di kawasan pemerintahan, perbelanjaan, perbisnisan dan sebagainya. Kita tidak mau genangan mengganggu perekonomian dan pemerintahan," ujar Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf, Kamis (28/1/2021). Baca juga: Banjir Mengintai, Pemprov DKI Kebut Proyek Kolam Olakan

Sebanyak 3.000 petugas SDA dikerahkan untuk mengantisipasi banjir. Mereka harus memastikan semua mulut dan tali air di seluruh jalan tidak tersumbat. Sebab, salah satu penyebab genangan lantaran tersumbatnya mulut dan tali air.

Kemudian, penanganan banjir lainnya dengan melakukan pengerukan baik saluran mikro, makro maupun kali termasuk waduk-waduk yang ada. Sebanyak 7.889 personel dikerahkan dengan dilengkapi alat berat 260 unit dan dump truck 461 unit.

Berdasarkan laporan kegiatan yang tercatat di Twitter milik Dinas SDA DKI dengan akun @DinasSDAJakarta, sejak pukul 07.00 WIB, Kamis (28/1/2021) Pasukan Biru di masing-masing wilayah bekerja mengeruk saluran dan memastikan agar saling terhubung. Baca juga: Ternyata Ada Sesuatu yang Sebabkan Banjir di Depan Mabes Polri

"Kegiatan Satgas SDA Kec Pesanggrahan pengurasan saluran di Jl H Munctar Raya Kel Petukangan," tulis akun itu.

"Kegiatan Satgas SDA Kec Cilandak pengurasan saluran di Jl Pertanian Raya Kel Lb Bulus. Kegiatan Satgas SDA Kec Kby Baru pengerukan Kali Krukut segmen Jl Wijaya Timur Raya Kel Petogogan," sambungnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)