Wali Kota Bekasi: Ada Enam Kecamatan Terdampak Banjir dan Genangan

loading...
Wali Kota Bekasi: Ada Enam Kecamatan Terdampak Banjir dan Genangan
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Foto: Dok SINDOnews
BEKASI - Pemkot Bekasi menyebutkan enam kecamatan terdampak banjir dan genangan akibat intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayahnya sejak pagi hari, Minggu (24/1/2021). Enam kecamatan itu yakni Rawalumbu, Pondok Gede, Medan Satria, Bekasi Barat, Jatiasih, serta Bekasi Selatan.

Saat ini, petugas dari Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah disebar guna melakukan penanganan, evakuasi di lokasi banjir maupun tanah longsor. Baca juga: Perumahan Jatibening Diterjang Banjir, Pemkot Bekasi Mulai Evakuasi 350 KK

”Ada enam kecamatan yang terdampak banjir dan genangan, kemudian longsor di Jatiasih,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Minggu (24/1/2021).

Menurut dia, ada 22 titik genangan dengan kedalaman bervariasi terjadi di enam kecamatan diakibatkan hujan deras dan saluran sekunder/drainase tidak lancar.



Selain menerjunkan Satgas dan perahu karet, pemerintah telah meminta Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi untuk mendata dan mencarikan solusi mengantisipasi genangan agar tidak kembali terjadi. ”Saya perintahkan untuk didata dan ditangani agar tidak terjadi lagi,” ucapnya. Baca juga: BPBD Bekasi Catat 4 Jalan Protokol Diterjang Banjir

Terkait longsor, Rahmat sudah meminta BPBD untuk terus koordinasi dengan DBMSDA mengerahkan alat berat menangani longsoran. Pemkot Bekasi akan terus berupaya agar genangan bisa cepat surut saat terjadi hujan dengan mengintensifkan normalisasi saluran air atau drainase.

Langkah selanjutnya terus melakukan monitoring wilayah dan tindakan evakuasi bagi warga saat wilayahnya terjadi genangan. Warga juga diimbau menjaga keluarga supaya waspada terutama pendampingan orang tua terhadap anak-anaknya supaya tidak bermain di saluran air. Terakhir warga diimbau tidak berteduh di bawah pohon dan baliho.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top