Tilang ETLE Tingkatkan Disiplin Masyarakat dalam Berlalulintas di Jakarta

loading...
Tilang ETLE Tingkatkan Disiplin Masyarakat dalam Berlalulintas di Jakarta
Kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Foto: SINDOnews/Dok
JAKARTA - Disiplin masyarakat dalam berlalul lintas di jalan-jalan Jakarta mengalami peningkatan, terutama di ruas jalan lokasi pemasangan kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) . Ini artinya, kamera ETLE mampu meningkatkan tingkat disiplin masyarakat dalam berkendara.

Direktur Laluintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, adanya peningkatan disiplin dalam berlalul lintas di jalan-jalan Ibu Kota. Artinya, kamera ETLE mampu mendisplinkan pengendara walaupun tidak ada petugas di lapangan yang berjaga.

Baca juga: Polda Metro Jaya Ajukan 50 Kamera ETLE Baru ke Pemprov DKI

“Pada titik yang ada kamera ETLE memang terjadi peningkatan disiplin berlalu lintas. Hal ini menunjukkan bahwa kamera ETLE sangat efektif untuk meningkatkan kedisiplinan pelanggaran,” ujar Sambodo, Kamis (21/1/2021)



Data tersebut didapat dari lapangan yang dikumpulkan oleh anggotanya. Dari data pelanggaran yang tercapture ,juga mengalami pengurangan, padahal kamera beroperasi maksimal. Tandanya memang masyarakat sudah patuh, khususnya di lokasi yang terdapat kameranya. “Artinya di titik tersebut terjadi peningkatan disiplin berlalu lintas,” tegasnya.

Baca juga: Ubah Perilaku Polisi, Komjen Listyo Sigit: Tak Ada Lagi Tilang di Jalan

Masyarakat diharapkan bisa lebih meningkatkan disiplin berlalu lintas, baik di lokasi yang ada kamera ETLE ataupun tidak. Walaupun begitu, pihaknya tetap melakukan penindakan dengan konvensional di lokasi yang belum ada kamera ETLE. “Hal ini menunjukkan efektivitas dari kamera ETLE dalam meningkatkan disiplin lalu lintas pengendara di Jakarta,” tukasnya.



Diketahui, ETLE sebagai sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas berbasis pada teknologi elektronik berupa kamera ANPR (Automatic Number Plate Recognition). Kamera ANPR dapat mendeteksi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor secara otomatis, merekam, dan menyimpan bukti pelanggaran.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top