Wafatnya Ulama Musibah Besar Bagi Umat

Jum'at, 15 Januari 2021 - 09:44 WIB
loading...
Wafatnya Ulama Musibah Besar Bagi Umat
Pemakaman jenazah ulama kharismatik Syekh Ali Jaber di Kompleks Pesantren Daarul Quran, Cipondoh, Tangerang. Foto/SINDOnews
A A A
Ustaz Shamsi Ali
Presiden Nusantara Foundation,
Imam/Direktur Jamaica Muslim Center

Ada sebuah hadis yang tidak terlalu sering kita dengar menyebutkan:

موت العالم مصيبةلا تجبر وثلمة لا تسد ونجم طمس موت قبيلة أيسر من موت عالم

Kira-kira bermakna: "Kematian seorang alim itu adalah musibah yang tak tergantikan, lobang yang dapat ditambal. Wafatnya seorang alim bagaikan bintang yang padam. Bahkan meninggalnya satu suku (kampung) itu lebih ringan dari pada meninggalnya seorang ulama." (At-Thobarani)

Umat Islam akhir-akhir ini banyak dirundung duka, dengan ragam cobaan dan musibah. Satu di antara cobaan itu adalah wafatnya beberapa ulama mu'tamad (ulama rujukan umat) yang setiap saat hadir sebagai lentera di tengah kegelapan yang menyelimuti kehidupan dunia saat ini.



Salah satu di antara ulama yang telah mendahului kita adalah Syekh Ali Saleh Jaber, seorang ulama yang ilmuan, saleh, mukhlis, dan insya Allah muhsin. Ulama yang selalu hadir dengan kesejukan dan penampilan moderasi sebagai jembatan pemersatu bagi seluruh elemen umat dan bangsa.

Syekh Ali Jaber meninggalkan tidak saja ilmu. Tapi yang lebih penting lagi adalah ketauladanan dalam mempertahankan keimanan dan keilmuan dalam bingkai akhlakul karimah. Bahwa seberat dan sepelit apapun tantangan yang dihadapi, seorang Mukmin tidak bokeh lepas kendali karakter moral seperti yang diajarkan secara prinsip oleh baginda Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Saya tidak akan berbicara banyak tentang Syekh Ali. Beliau sedang tersenyum menghadap Rabbnya. Beliau sedang bersenandung dalam keindahan ridha Ilahi. "Wahai jiwa yang tenang kembalilah kepada Rabbmu dalam keadaan ridho dan diridhoi. Masuklah ke dalam golongan hambaKu dan masuklah ke dalam syurgaKu."

Saya hanya ingin mengajak kita semua untuk menangis, merasakan kesedihan yang dalam atas meninggalnya para ulama kita. Cinta kita kepada para ulama bukan cinta biasa. Tapi cinta sebagai bukti kecintaan kita kepada Ilmu. Dan cinta kepada Ilmu adalah cinta kepada kebenaran (Al-Haq).

Dalam sebuah hadis Rasulullah صلى الله عليه وسلم menegaskan: "Barangsiapa yang tidak merasa sedih dengan kematian ulama maka dia adalah munafik". (diriwayatkan oleh Suyuuthi)

Imam Al-Baihaqi menyebutkan: "Kematian seorang Ulama itu lebih disukai oleh Iblis dari pada kematian 70 ahli ibadah."

Jika Iblis laknatullah senang dengan wafatnya ulama, lalu bagaimana mereka yang mematikan ulama? Mungkin saja tidak mematikan secara fisik. Tapi mematikan segala langkah dan juang para ulama dalam menebar Ilmu dan kebaikan.

Iblis dan konco-konconya sangat wajar untuk bersenang dengan meninggalnya Ulama. Karena memang Ulama memiliki posisi yang sangat tinggi. Selain derajatnya ditinggikan, seperti yang disebutkan dalam Al-Quran: "Allah mengangkat orang-orang yang beriman dan berilmu dengan beberapa derajat" (Al-Mujadalah: 11). Juga karena Ulama itu memang adalah pewaris/penerus para Nabi. (hadis)

Kedudukan para ulama itulah yang menjadikan seluruh makhluk-makhluk Allah. Bahkan semut-semut dalam lobangnya, bahkan ikan-ikan kecil dalam air (al-hiitaan fil maa) mendoakan mereka semuanya.

Sunggguh wafatnya para ulama memang musibah besar bagi umat ini. Karena meninggalnya mereka adalah pertanda tercabutnya keilmuan dari Umat ini. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Ambillah ilmu itu sebelum menghilang. Para sahabat bertanya: Bagaimana Ilmu menghilang ya Rasulullah? Beliau menjawab: Sesungguhnya hilangnya ilmu ketika para pembawanya pergi/meninggal." (At-Thabarani)

Dengan wafatnya Syekh Ali Jaber dan ulama lainnya, juga membangun keyakinan bahwa umat pastinya lebih tertantang lagi. Tapi Umat dengan iman pastinya juga optimis jika di balik kesulitan itu ada kemudahan. Dan di balik tantangan itu pasti ada peluang.

Dan karenanya, sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Imam Al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin:

إذاماتالعالم ثلم في الإسلام ثلمة لايسدها الا خلف منه

Jika satu ulama wafat, maka terjadi sebuah lubang dalam Islam yang tidak dapat ditambal kecuali oleh generasi penerusnya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2676 seconds (0.1#10.140)