Banjir Rob Terjang Pangkalpinang, Ratusan Rumah Warga Terendam

Rabu, 13 Januari 2021 - 18:26 WIB
loading...
Banjir Rob Terjang Pangkalpinang, Ratusan Rumah Warga Terendam
Banjir rob di kawasan Kelurahan Opas Indah Pangkalpinang. Foto/iNews/Haryanto
A A A
PANGKALPINANG - Hujan deras di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), disertai pasangnya air laut, membuat hampir seluruh kabupaten/kota terdampak banjir . Di Kota Pangkalpinang, ratusan rumah terdampak banjir rob tersebut.



"Kalau banjir memang sering, tapi ini yang lama. Sudah dari subuh tadi. Air sempat masuk kerumah setinggi selutut orang dewasa," kata Ketua RT 7 RW 2 Opas Indah, Rusmiati, Rabu (13/11/2021).

Menurutnya, meskipun begitu warga masih bertahan di rumah masing-masing, mengingat air mulai surut seiring redanya hujan dan menyusutnya pasang air laut . "Hujan sudah dua hari dua malam. Semua rumah dari RT 7 dan 8 terpendam banjir . Ada sekitar 200 rumah," ujarnya.



Selain di Kelurahan Opas Indah, banjir juga mengenai sejumlah rumah warga di kelurahan lainnya di Pangkalpinang. Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa mengatakan, banjir rob yang terjadi Rabu pagi, melanda beberapa titik di hampir seluruh kabupaten/kota di Provinsi Babel.

"Sampai saat ini juga masih mendung dan diperkirakan besok juga terjadi pasang. Kita harapkan besok tidak hujan. Ini ( banjir rob,-red) terjadi hampir di seluruh wilayah di Babel," ujarnya.



Ia menjelaskan pihaknya kini masih belum mendirikan dapur umum, karena banjir di prediksi tidak berlangsung lama. "Sementara untuk dapur umum kita belum dirikan, tapi sebagai sudah mempersiapkannya. Karena kan ini banjir akibat pasang surut air laut. Namun kebiasaan masyarakat di Babel ini kalau banjir mereka lebih senang menunggsi ke rumah kerabatnya," katanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3652 seconds (0.1#10.140)