Mal di Jakarta Sunyi Sepi saat Pembatasan Kegiatan Hari Pertama

Senin, 11 Januari 2021 - 18:32 WIB
loading...
Mal di Jakarta Sunyi Sepi saat Pembatasan Kegiatan Hari Pertama
Mall Grand Indonesia, Jakarta, Senin (11/1/2021) hingga pukul 17.45 WIB terpantau sepi saat PPKM hari pertama. Foto: MNC Portal Indonesia/Giri Hartomo
A A A
JAKARTA - Pemerintah mulai menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hari ini, Senin (11/1/2021). Salah satunya jam operasional pusat perbelanjaan atau mal hanya sampai pukul 19.00 WIB.

Di Mall Grand Indonesia, Senin (11/1/2021) hingga pukul 17.45 WIB, jumlah pengunjung mal relatif sepi. Meskipun ada beberapa pekerja yang baru saja pulang kantor yang menyempatkan diri mampir baik untuk sekadar mencari barang ataupun minum atau makan di tenant makanan. (Baca juga: Waspada, Apindo Nilai PPKM Bisa Timbulkan Kemunduran Ekonomi)

Untuk tenant yang menjual baju juga sepi. Meskipun ada beberapa pengunjung yang menyempatkan diri mampir hanya sekadar melihat-lihat barang.

Untuk tempat penjualan makanan kebutuhan sehari-hari juga terpantau tidak terlalu ramai. Menjelang pukul 19.00 WIB, pihak pengelola mal mulai mengumumkan kepada pengunjung lewat pengeras suara mengenai jam penutupan mal.

“Kalau menurut aku, mal tutup jam 7 malam itu, it's okay karena memang aku jarang banget ke mal. Kalau ke mal ada keperluan yang mendesak,” ujar pengunjung bernama Zadidah di Mall Grand Indonesia. (Baca juga: PPKM Bikin Mata Uang Garuda Tak Berkutik Terhadap Dolar)

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, adanya pembatasan ini menjadikan pusat perbelanjaan semakin terpuruk. Setelah selama tahun 2020 mengalami defisit terus menerus kurang lebih 10 bulan.

“Pembatasan kali ini akan menjadikan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan kembali turun signifikan karena saat ini mal di Jakarta hanya diperbolehkan beroperasi sampai jam 7 malam, padahal jam 7 itu salah satu waktu puncak (peak hour) kunjungan ke pusat perbelanjaan,” ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)