Wagub DKI Tinjau Operasi SAR Sriwijaya Air di JICT II dan Kepulauan Seribu

Minggu, 10 Januari 2021 - 16:14 WIB
loading...
Wagub DKI Tinjau Operasi SAR Sriwijaya Air di JICT II dan Kepulauan Seribu
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza), meninjau proses pencarian pesawat Sriwijaya rute Cengkareng - Pontianak yang jatuh di perairan Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza), meninjau proses pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Cengkareng - Pontianak yang jatuh di perairan Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Wagub Ariza mengunjungi posko BPBD Provinsi DKI Jakarta di JICT II kemudian berlanjut menuju Kepulauan Seribu.

Dalam kunjungan tersebut, Ariza didampingi Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi dan Kepala Kantor Basarnas Jakarta, Hendra Sudirman, serta Plt Kepala BPBD, Sabdo Kurnianto. Dalam kunjungannya, Ariza menyampaikan apresiasi karena semua petugas dari berbagai instansi terkait telah bekerja sama dengan baik.

"Saya atas nama Pemprov mewakili Pak Gubernur sejak kemarin dan pagi ini hadir di sini, Kepulauan Seribu, di atas kapal Basarnas yang berada di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang. Melihat langsung," ujarnya. (Baca juga; Samar-Samar Kopaska Temukan Bangkai Utuh Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 )

Sebelumnya, Wagub Ariza turut hadir dalam koordinasi di Posko JICT 2 dan mengecek langsung kesiapan posko dan kinerja petugas. "Saya melihat langsung petugas bersiap siaga sejak tadi malam dengan tugas masing-masing. Mereka melaksanakan tugas dengan baik, dengan sungguh-sungguh," sambungnya.

Selanjutnya, Ariza mengajak masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta, untuk bersama-sama berdoa agar para petugas dapat melaksanakan tugas dan menemukan puing-puing pesawat hingga jenazah. Juga agar keluarga korban diberikan kesabaran dan ketabahan.

Selain itu, Wagub Ariza turut mengimbau agar masyarakat umum tidak mudah menyebarkan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Baca juga; PMI Tangerang Bangun Posko Bantuan Evakuasi di Perairan Tanjung Kait )

"Dalam suasana seperti ini, untuk tidak memberikan informasi yang keliru dan salah, apalagi hoaks. Mari kita tunggu berbagai informasi dari pihak terkait yang berwenang. Yang memiliki akurasi informasi dan data yang tepat," ungkapnya.

Peninjauan dilanjutkan ke pulau terdekat, yakni Pulau Lancang. Wagub Ariza meninjau posko di darat dan memberikan dukungan kepada seluruh petugas. Dia menyatakan, pencarian membutuhkan energi, dukungan, dan doa bersama. "Sekali lagi terima kasih dan apresiasi kepada seluruh petugas," ungkapnya.

Dalam upaya pencarian pesawat Sriwijaya Air ini, Pemprov DKI Jakarta memberi dukungan penuh kepada seluruh jajaran yang bertugas. Di bawah komando Basarnas, serta dukungan dari BPBD, TNI/Polri, Dinas Perhubungan DKI, dan beberapa instansi terkait lain.

"Jajaran DKI memberikan dukungan penuh dengan fasilitas yang dimiliki. Tentunya dalam komando Basarnas ya. Kami memberikan dukungan sesuai dengan kewenangan dan komando Basarnas," tambahnya.



Perlu diketahui, BPBD Provinsi DKI Jakarta menginformasikan awal kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 PK-CLC pada Sabtu (9/1) pukul 14.54 WIB. Lokasi kecelakaan diperkirakan berada di perairan Tanjung Kait sekitar Pulau Lancang, Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta sendiri telah menurunkan tim gabungan dari Dinas Perhubungan, Tim SAR, Tim Rescue Disgulkarmat, Satpol PP, dan PMI.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)