Ungkap Jumlah Testing dan Positivity Rate, Anies: Jakarta Serius Memotong Rantai Penularan Covid

Sabtu, 09 Januari 2021 - 12:00 WIB
loading...
Ungkap Jumlah Testing dan Positivity Rate, Anies: Jakarta Serius Memotong Rantai Penularan Covid
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Anies Baswedan membeberkan jumlah testing danpositivity ratedi Jakarta. Dimana untuk jumlah testing DKI Jakarta, Anies menyebut dalam satu hari mencapai 13.121.

“13 ribu ini dari porsi seluruh Indonesia dilakukan testing 44 ribu jadi yang diselenggarakan di Jakarta ada 29% dari keseluruhan testing,” katanya saat konferensi pers secara virtual di Balai Kota, Sabtu (9/1/2021). ( )

Lalu jumlah orang yang dites selama satu pekan terakhir adalah 93.051 orang. Sementara yang diwajibkan oleh World Health Organization (WHO) adalah 1.000 tes per 1 juta penduduk.

“Jadi kalau untuk Jakarta maka targetnya adalah 10.600 testing. Kita di Jakarta melakukan 93 ribu. Kita 9 kali dari yang diharuskan WHO,” ungkapnya. ( )

Kemudian Anies mengatakan untukpositivity ratedi DKI Jakarta sebesar 13,3%. Menurutnya baiknya itu ada di bawah 10% dan idealnya di bawah 5%.

“Jakarta dalam satu pekan terakhir itu 13,3%. Adapun total kalau kita lihatpositivity ratekita adalah 8,9%,” ungkapnya. ( )

Menurutnya dari data-data tersebut menunjukan bahwa di DKI Jakarta ada usaha serius dalam memotong mata rantai penularan Covid. Dimana hal ini diikuti dengan tindakan pelacakan dan pelayanan kesehatan yang tepat.

“Jadi kenapa penting disampaikan? Supaya kita tahu bahwa di Jakarta ada usaha serius memotong mata rantai penularan dengan cara melakukan aktivitas testing. Yang ketemu positif ditrace siapa saja yang berinteraksi. Kemudian dari situ kalau mereka ternyata positif mereka bisa melakukan langkah untuk isolasi atau bila orangnya berisiko karena punya komorbid maka dia bisa langsung dilakukan langkah-langkah medis,” paparnya.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)