Survei Polmatrix: 82,9% Publik Setuju Polisi Tindak Tegas Habib Rizieq dan Oknum FPI

Selasa, 29 Desember 2020 - 18:38 WIB
loading...
Survei Polmatrix: 82,9% Publik Setuju Polisi Tindak Tegas Habib Rizieq dan Oknum FPI
Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. Foto/Dok/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Kegaduhan politik menyeruak sejak kepulangan Habib Rizieq Shihab dari Arab Saudi. Kerumunan yang ditimbulkan membuat aparat kepolisian akhirnya bertindak tegas. Terjadi pula insiden penembakan terhadap enam orang anggota Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Tol Cikampek KM 50 hingga tewas dalam penyergapan oleh polisi.

Temuan survei yang dilakukan Polmatrix Indonesia menunjukkan sebagian besar publik mendukung ketegasan polisi terhadap Habib Rizieq dan oknum FPI, mencapai 82,9 persen. Hanya sebagian kecil yang tidak setuju terhadap tindakan tegas polisi (11,3 persen), dan sisanya menyatakan tidak tahu/tidak menjawab (5,8 persen).

“Mayoritas publik menyetujui langkah tegas aparat kepolisian menindak Rizieq Shihab, begitu pula dengan oknum FPI yang melanggar hukum dan melakukan penyerangan terhadap aparat,” ungkap Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (29/12/2020). ( )

Sebagaimana diketahui, kepulangan Habib Rizieq ke Tanah Air langsung menyedot perhatian publik. Sejumlah tokoh nasional berlomba-lomba menemuinya, dengan harapan bisa menarik dukungan Habib Rizieq kepada kelompok dan partai masing-masing. Bahkan Habib Rizieq digadang-gadang sebagai calon presiden potensial pada Pemilu 2024.

Di sisi lain, rekam jejak Habib Rizieq dan ormas FPI yang dibentuknya lekat dengan kekerasan. FPI bertindak layaknya polisi moral yang kerap melakukan sweeping terhadap tempat-tempat usaha yang dituduh maksiat. Belakangan FPI menaikkan leverage-nya dengan menjadi kekuatan populisme Islam yang berhasil menjatuhkan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Sementara itu sejumlah politisi dan pegiat hak asasi manusia (HAM) menuding aparat kepolisian melanggar HAM dalam insiden KM 50. Polisi sendiri menyatakan terbuka dan transparan dalam investigas atas kejadian tersebut, dan melibatkan Komisi Nasional (Komnas) HAM.

“Besarnya dukungan publik terhadap ketegasan polisi mematahkan pandangan bahwa FPI telah menjelma sebagai kekuatan besar dan berada di atas hukum,” tandas Dendik.

Negara hadir dan berfungsi sebagaimana layaknya untuk menindak pihak-pihak yang melanggar hukum dan melindungi kepentingan umum. ( )

Survei Polmatrix Indonesia dilakukan pada 20-25 Desember 2020 kepada 2.000 orang respondens mewakili 34 provinsi. Survei dilakukan melalui telepon terhadap responden survei sejak 2019 yang dipilih acak. Margin of error survei sebesar ±2,2%, tingkat kepercayaan 95%.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)