Kolaborasi STIH IBLAM-Pemuda Muhammadiyah DKI demi Cegah Penularan Covid-19

Kamis, 24 Desember 2020 - 19:16 WIB
loading...
Kolaborasi STIH IBLAM-Pemuda Muhammadiyah DKI demi Cegah Penularan Covid-19
STIH IBLAM bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan membagikan hand sanitizer, hand soap dan disinfektan. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - STIH IBLAM bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema pencegahan penularan Covid-19 dengan membagikan hand sanitizer, hand soap dan disinfektan, Kamis (24/12/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 6 kelompok dari mahasiswa STIH IBLAM yang terdiri dari 34 mahasiswa, 3 dosen, perwakilan dari Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI serta Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kramat Jati.

Dosen PKM STIH IBLAM Marjan Miharja mengatakan, pengabdian kepada masyarakat dengan peran serta mahasiswa dan dosen bersama-sama menanggulangi Covid-19 merupakan bentuk nyata mahasiswa dan dosen di lingkungan STIH IBLAM bersama pemerintah daerah. Pihaknya mengambil peran penanggulangan Covid-19 dengan penyuluhan dan pembagian disinfektan, hand sanitizer, dan lainnya karena bencana kemanusiaan ini diharapkan seluruh elemen bangsa termasuk perguruan tinggi wajib berperan aktif agar Indonesia sehat kembali. (Baca juga: Tranning TOT Selesai, 16 Pemuda Muhammadiyah Siap Tularkan Ilmu ke Masyarakat)

Yastuti Handalya, perwakilan mahasiswa STIH IBLAM berharap dengan kegiatan ini para mahasiswa bisa ikut berkontribusi dalam pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

”Dalam kegiatan ini kelas kami dibagi menjadi 6 kelompok dengan tugas berbeda, ada yang bertugas produksi disinfektan, hand soap, hand sanitizer hingga pengemasan dan pendistribusian kepada masyarakat,” ujar Handalya, Kamis (24/12/2020).

Dosen pembimbing PKM Dr (can) Wiend Sakti Myhaarto mengaku bangga karena menjadi salah satu bagian dari rangkaian kegiatan tersebut. Harapannya kegiatan ini membantu masyarakat secara langsung untuk menekan penularan Covid-19.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta Guntur Setia Raharjo mengapresiasi kegiatan yang melibatkan pengurus Pemuda Muhammadiyah DKI. (Baca juga: Pangdam Jaya Panen Dukungan, Ketua Pemuda Muhammadiyah Anggap Bentuk Penghormatan)

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa STIH IBLAM yang telah bekerjasama dengan kami dalam rangka pembuatan disinfektan, hand sanitizer dan hand soap untuk dapat didistribusikan melalui program pencegahan penyebaran Covid-19 di Jakarta melalui kampanye 3M,” ungkapnya.

Sampai pembagian vaksin gratis dari pemerintah didistribusikan, Covid-19 masih perlu diwaspadai dengan cara mematuhi protokol kesehatan agar tidak menambah daftar baru positif Covid-19.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Nasional, jumlah terpapar Covid-19 di Indonesia hingga 23 Desember 2020 sebanyak 685.639 orang. Dari jumlah itu 558.703 orang telah sembuh dan 20.408 jiwa meninggal dunia.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)