Cegah Klaster Pergantian Tahun, DKI: Ingat Covid-19 Masih Mengancam, Kita Harus Waspada

Minggu, 20 Desember 2020 - 09:58 WIB
loading...
Cegah Klaster Pergantian Tahun, DKI: Ingat Covid-19 Masih Mengancam, Kita Harus Waspada
Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Momen pergantian tahun menuju 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di era pandemi Covid-19 , masyarakat harus bisa menahan diri untuk sebisa mungkin tidak pergi liburan.

"Saya khawatir masyarakat lupa bahwa Covid-19 masih mengancam, kita harus waspada,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia dikutip dari Twitter Pemprov DKI Jakarta @DKIJakarta, Minggu (20/12/2020). (Baca juga: Liburan Natal-Tahun Baru di Era Pandemi, Polda Metro dan Pemprov DKI Persiapkan Model Pengawasan)

Kalaupun terpaksa berkumpul dengan kerabat atau sanak saudara dianjurkan menjaga protokol kesehatan karena biasanya setelah sekian bulan tidak berjumpa mungkin lepas masker atau tidak menjaga jarak. Kondisi yang demikian berisiko menularkan Covid-19 lantaran virus tersebut dapat ditularkan melalui bersin atau percikan ludah. “Prinsipnya dekat orang lain pakai masker,” kata Dwi.

Diketahui, Polda Metro Jaya terus berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta terkait PSBB transisi yang diperketat menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2021. (Baca juga: Lagi Pailit, Barcelona Batal Belanja Kado Tahun Baru)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, koordinasi itu meliputi pengawasan terhadap masyarakat yang melakukan perjalanan dan masuk ke ibu kota.

Menurut dia, pengawasan dilakukan dengan sistem model yang terdahulu dengan membentuk pos pengawasan di tiap perbatasan masuk dan keluar Jakarta atau ada sistem lainnya. “Ini yang sedang kita bahas sehingga semuanya bisa diawasi dengan baik,” ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)