Tersisa 100 Liang Lahat, 25 Hari ke Depan TPU Pondok Ranggon Bakal Penuh

Selasa, 01 Desember 2020 - 19:23 WIB
loading...
Tersisa 100 Liang Lahat, 25 Hari ke Depan TPU Pondok Ranggon Bakal Penuh
TPU Pondok Ranggon di Jakarta Timur yang biasa digunakan untuk memakamkan jenazah pasien COVID-19, diperkirakan sudah penuh sebelum pergantian tahun 2020. SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - TPU Pondok Ranggon di Jakarta Timur yang biasa digunakan untuk memakamkan jenazah pasien COVID-19 , diperkirakan sudah penuh sebelum pergantian tahun 2020. Untuk mengatasi hal tersebut pemakaman jenazah pasien COVID-19 akan dipindahkan ke TPU alternatif.

Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Muhaemin mengatakan, saat ini tersisa sekitar 100 liang lahat bagi jenazah pasien COVID-19. "Misal rata-rata per hari ada 4 (jenazah pasien Covid-19 dimakamkan di TPU Pondok Ranggon), sisa 100 makam ini bisa untuk 25 hari ke depan," katanya, Selasa (1/12/2020).

Diketahui pemakaman jenazah pasien COVID-19 di Jakarta ditempatkan khusus seperti di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur dan TPU Tegal Alur Jakarta Barat. Namun saat ini jumlah jenazah pasien COVID-19 yang harus dimakamkan terus bertambah banyak, Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menggunakan sistem tumpang untuk jenazah pasien COVID-19.

"Memang pemakamannya (jenazah pasien COVID-19) sekarang bisa di TPU alternatif. Kalau ada tumpang makam bisa di TPU Jeruk Purut, Tanah Kusir, dan Menteng Pulo," ujarnya. (Baca juga; Pengerjaan Lahan Makam Khusus Covid-19 di Rorotan Dikebut 100 Hari )

Muhaemin menuturkan ke depannya pemakaman jenazah pasien COVID-19 beralih ke TPU alternatif. Penggunaan TPU alternatif dalam pemakaman jenazah pasien COVID-19 bergantung pada keputusan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Tentu dengan melihat kesediaan anggota keluarga yang liang lahad kerabatnya ditumpang dengan jenazah pasien COVID-19 atau izin penggunaan tanah makam (IPTM). (Baca juga; TPU Tegal Alur Buka Blok Baru untuk Pemakaman Jenazah Protap Covid-19 )

"Dari pihak keluarga (pasien Covid-19) menyampaikan ke Dinas bahwa keluarga almarhum ada di TPU tertentu. Kalau kondisi memungkinkan, TPU lain yang relatif besar bisa melayani tumpang dengan protap COVID-19," tuturnya.

Selain tumpang makam, upaya Pemprov DKI dalam memberikan tempat istirahat terkakhir bagi jenazah pasien COVID-19 yaitu dengan membuka lahan di TPU Rorotan Jakarta Utara. "Memang lahan di TPU Pondok Ranggon sudah habis. Baru rencana pembebasan lahan lagi, pelebaran. Kita berharap wabah COVID-19 segera berlalu," ucapnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)