Tersisa 100 Liang Lahat, 25 Hari ke Depan TPU Pondok Ranggon Bakal Penuh

loading...
Tersisa 100 Liang Lahat, 25 Hari ke Depan TPU Pondok Ranggon Bakal Penuh
TPU Pondok Ranggon di Jakarta Timur yang biasa digunakan untuk memakamkan jenazah pasien COVID-19, diperkirakan sudah penuh sebelum pergantian tahun 2020. SINDOnews/Okto Rizki Alpino
JAKARTA - TPU Pondok Ranggon di Jakarta Timur yang biasa digunakan untuk memakamkan jenazah pasien COVID-19 , diperkirakan sudah penuh sebelum pergantian tahun 2020. Untuk mengatasi hal tersebut pemakaman jenazah pasien COVID-19 akan dipindahkan ke TPU alternatif.

Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Muhaemin mengatakan, saat ini tersisa sekitar 100 liang lahat bagi jenazah pasien COVID-19. "Misal rata-rata per hari ada 4 (jenazah pasien Covid-19 dimakamkan di TPU Pondok Ranggon), sisa 100 makam ini bisa untuk 25 hari ke depan," katanya, Selasa (1/12/2020).

Diketahui pemakaman jenazah pasien COVID-19 di Jakarta ditempatkan khusus seperti di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur dan TPU Tegal Alur Jakarta Barat. Namun saat ini jumlah jenazah pasien COVID-19 yang harus dimakamkan terus bertambah banyak, Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menggunakan sistem tumpang untuk jenazah pasien COVID-19.

"Memang pemakamannya (jenazah pasien COVID-19) sekarang bisa di TPU alternatif. Kalau ada tumpang makam bisa di TPU Jeruk Purut, Tanah Kusir, dan Menteng Pulo," ujarnya. (Baca juga; Pengerjaan Lahan Makam Khusus Covid-19 di Rorotan Dikebut 100 Hari )



Muhaemin menuturkan ke depannya pemakaman jenazah pasien COVID-19 beralih ke TPU alternatif. Penggunaan TPU alternatif dalam pemakaman jenazah pasien COVID-19 bergantung pada keputusan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Tentu dengan melihat kesediaan anggota keluarga yang liang lahad kerabatnya ditumpang dengan jenazah pasien COVID-19 atau izin penggunaan tanah makam (IPTM). (Baca juga; TPU Tegal Alur Buka Blok Baru untuk Pemakaman Jenazah Protap Covid-19 )

"Dari pihak keluarga (pasien Covid-19) menyampaikan ke Dinas bahwa keluarga almarhum ada di TPU tertentu. Kalau kondisi memungkinkan, TPU lain yang relatif besar bisa melayani tumpang dengan protap COVID-19," tuturnya.



Selain tumpang makam, upaya Pemprov DKI dalam memberikan tempat istirahat terkakhir bagi jenazah pasien COVID-19 yaitu dengan membuka lahan di TPU Rorotan Jakarta Utara. "Memang lahan di TPU Pondok Ranggon sudah habis. Baru rencana pembebasan lahan lagi, pelebaran. Kita berharap wabah COVID-19 segera berlalu," ucapnya.
(wib)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top