Kolaborasi dengan PLN, Anies Resmikan PLTS Berkapasitas 400 KWp di Pulau Sebira

loading...
Kolaborasi dengan PLN, Anies Resmikan PLTS Berkapasitas 400 KWp di Pulau Sebira
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.Foto/SINDOnews/Dok
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta bersama PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Sebira berkapasitas daya sebesar 400 kilo Watt peak (KWp). Dengan adanya PLTS di salah satu pulau Kepulauan Seribu ini sebanyak 160 kepala keluarga (KK) di pulau tersebut dapat memiliki listri aman dan ramah lingkungan.

Melalui akun Instagram-nya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memposting peresmian virtual PLTS Pulau Sebira pada Minggu, 29 November 2020 kemarin. Persemian PLT Pulau Sebira itu pun sudah dilakukan pada Rabu, 25 November 2020 lalu.

"Alhamdulillah, Rabu (25/11) merupakan hari bersejarah yang membahagiakan, Pulau Sebira dengan 160 keluarga akan memiliki listrik bukan hanya aman tetapi juga ramah lingkungan dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Sebira," tulis Anies dalam caption unggahannya tersebut.

Anies menuturkan, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi PLN UID Jaya meresmikan PLTS Pulau Sebira berkapasitas daya sebesar 400 kilo Watt peak (KWp) dan diproyeksi dapat menghasilkan energi sebesar 1.200 kWh per hari. PLTS terbesar hybrid di Jakarta sekaligus menjadi kado ulang tahun Kabupaten Kepulauan Seribu yang baru merayakan 19 tahun.



Ibu Kota Jakarta, lanjut Anies, terdiri dari daratan dan kepulauan. Pulau Sebira adalah pulau terdepan Jakarta, jaraknya dari pantai utara Jakarta 120 km, hampir sama dengan 2 kali jarak Jakarta-Bogor. "Komitmen kami, warga Jakarta di mana pun tinggalnya harus mendapatkan akses yang sama atas fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, ini indikator hadirnya keadilan sosial di Jakarta," ujarnya.

Hadirnya PLTS di Pulau Sebira ini mengirimkan pesan penting bukan hanya bagi warga Jakarta melainkan juga seluruh Indonesia. Karena jika wilayah kepulauan di Jakarta yang notabenenya dekat dengan Pemerintah Pusat seluruh fasilitasnya dapat dipenuhi, maka semangat ini juga dapat diwujudkan untuk memenuhi fasilitas wilayah Kepulauan lain di Indonesia.(Baca: Kebakaran di Dekat Rumah Habib Rizieq Akibat Korsleting Listrik)

Konektivitas kelistrikan yang menjadi tanggung jawab negara menjadi salah satu elemen penting bagi masyarakat kepulauan untuk meningkatkan taraf hidup, ekonomi, dan kesejahteraan mereka. Contohnya saja, dengan adanya listrik maka warga Pulau Sebira dapat mengakses cold storage yang membuat hasil tangkapan mereka dapat tetap segar sehingga meningkatkan nilai jual.



Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan PLN Disjaya yang telah dituntaskan sesuai dengan rencana. Insya Allah dirasakan manfaatnya, mudah-mudahan ke depan bisa lebih banyak lagi kolaborasi seperti di Pulau Sebira ini.
(hab)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top