Pujian Anis Matta soal Kemajuan Kota Tangsel: Layak Jadi Kota Internasional

Minggu, 29 November 2020 - 04:09 WIB
loading...
Pujian Anis Matta soal Kemajuan Kota Tangsel: Layak Jadi Kota Internasional
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta memuji derasnya laju pembangunan Kota Tangsel) di bawah kepemimpinan Wali Kota Airin Rachmi Diany. Foto/SINDOnews/Hambali
A A A
TANGERANG SELATAN - Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta memuji derasnya laju pembangunan Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Menurut eks dedengkot Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, kota termuda di Provinsi Banten ini sudah cukup memenuhi kategori sebagai kota bertaraf internasional.

Kemajuan itu, kata Anis, tentu tak lepas dari sosok kepemimpinan Wali Kota Airin Rachmi Diany. Selama 2 periode memimpin, Airin disebut berhasil menata pembangunan kota hingga jauh lebih maju dibanding saat pertama kali pemekaran pada tahun 2007 silam. (Baca juga: Dilaporkan Bawaslu Tangerang Selatan Money Politics, Ini Tanggapan Siti Nur Azizah)

"Tetapi itu dibutuhkan kepemimpinan yang berpengalaman dan profesional agar dapat mewujudkan tata kelola pembangunan Kota Tangsel menjadi kota bertaraf internasional," ujarnya dalam sambutan acara konsolidasi pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tangsel di Hotel Marilyn, Serpong Utara, Sabtu (28/11/2020).

Mendapat pujian, Airin yang hadir selaku Ketua DPD Golkar Kota Tangsel itu terlihat melepas senyum. Begitupun wakilnya, Benyamin Davnie yang hadir sebagai pasangan calon. Applause meriah pun terdengar santer dalam ruangan tersebut.

Semenjak diresmikan pada bulan November 2008, Kota Tangsel memiliki tahap perencanaan pembangunan yang baik. Di mana hasil pembangunan yang dilakukan terasa nyata. Baik dalam infrastruktur ataupun, pendidikan, dan kesehatan.

"Butuh upaya dan komitmen yang kuat dalam membangun sebuah kota. Pekerjaan membangun sebuah kota baru bukanlah yang hal yang mudah, apalagi pemerintahnya mengusung konsep smart city dalam pencanangan pembangunannya," tuturnya.

Dilanjutkan dia, kriteria dalam membangun konsep smart city harus meliputi beberapa hal di antaranya soal pertumbuhan ekonomi yang baik, memiliki infrastruktur yang terkoneksi dan menunjang mobilitas masyarakatnya, serta lingkungan hidup dan kesehatan yang memadai. Termasuk juga soal akses pendidikan yang cakap.

"Tangerang Selatan telah memiliki kriteria tersebut," sambungnya.

Dikutip dari BPS, pertumbuhan ekonomi Kota Tangsel sudah diangka 7,2% tertinggi di Indonesia dan di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional di kisaran angka 5%. Sedangkan inflasi sekitar 2,8% tercatat sepanjang 2019 lalu.

Menurut Anis, Tangsel telah memenuhi unsur-unsur smart city yang mesti terpenuhi, yaitu smart government, smart live, smart living, smart people, dan smart mobility. Di mana smart city dapat membantu solusi kendala perkotaan dan memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat.

"Pengurusan dokumen sudah online, ini sangat membantu masyarakat pengurusan dokumen tidak lagi berlarut dan memakan waktu panjang. Dari segi kesehatan juga demikian, cukup menunjukkan KTP masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan. Infrastrukturnya juga sudah terkoneksi dan memudahkan mobilitas masyarakat," jelas Anis.

Dengan kondisi itu, tambah Anis, Kota Tangsel sangat layak menjadi kota bertaraf internasional. Karena itu pada keluarga Indonesia akan mendukung keberlanjutan pembangunan Kota Tangerang Selatan yang lebih baik dan menjadikan kota ini sebagai rumah bersama. (Baca juga: Perindo Gandeng Keponakan Prabowo Serap Curhat Komunitas Sepatu Roda di Tangsel)

"Masyarakat butuh kepemimpinan yang dapat melanjutkan pembangunan ke depan dan menjadikan Tangsel kota bertaraf internasional," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)