Kok Bisa Jenazah Dibawa Pakai Motor Kayak Ngga Ada Ambulans, Ini Penjelasannya

loading...
Kok Bisa Jenazah Dibawa Pakai Motor Kayak Ngga Ada Ambulans, Ini Penjelasannya
Jagat dunia maya geger dengan beredarnya video jenazah yang dibawa pakai sepeda motor di Jalan Karang Asem Barat, Citeureup, Kabupaten Bogor, Senin (23/11/2020). Foto: Ist
BOGOR - Jagat dunia maya geger dengan beredarnya video jenazah yang dibawa pakai sepeda motor di Jalan Karang Asem Barat, Citeureup, Kabupaten Bogor, Senin (23/11/2020).

Video tersebut viral karena banyak mengundang empati publik dan tak sedikit yang mempertanyakan sisi kemanusiaan pelayan fasilitas kesehatan dan pemerintah daerah setempat.

Kemudian, si perekam merasa heran kok di zaman seperti sekarang ini masih ada masyarakat membawa jenazah menggunakan motor. (Baca juga: Viral Jenazah Dibawa Pakai Motor di Bogor, Netizen: Ya Allah, Masih Ada Kayak Gini)

Polsek Citeureup, Kabupaten Bogor yang mendapatkan laporan terkait viralnya video yang diunggah warganet berada di wilayah hukumnya langsung melakukan penelusuran.



Polsek Citeureup pun menemukan fakta dan informasi yang sebenarnya tentang alasan jenazah dibawa tidak menggunakan ambulans atau mobil jenazah.

Panit Intelkam bersama petugas Bhabinkamtibmas Karang Asem Barat, Polsek Citeureup, mendatangi rumah tinggal warga yang merupakan orang tua dari jenazah tersebut.

"Jadi, orang tua almarhum bernama Jaya sempat memeriksakan anaknya Muhammad Dito yang sakit panas pada Jumat (20/11/2020) ke klinik Insani lalu disarankan dokter untuk kembali pada Senin (23/11/2020)," ujar Kapolsek Citeureup Kompol Frederick Ricky Wowor, Selasa (24/11/2020).



Pada Minggu (22/11/2020) kondisi anaknya kembali lemas dan dibawa ke klinik Insani lagi. "Setibanya di klinik si anak sudah dinyatakan meninggal dunia oleh pihak medis," katanya. (Baca juga: Maraknya Pembangunan Membuat Tradisi Memakamkan Jenazah di Pekarangan Rumah Mulai Bergeser)

Dalam kondisi anaknya sudah tak bernyawa, Jaya kembali membawanya ke rumah sakit dengan menggunakan motor. "Setelah dipastikan oleh pihak Rumah Sakit (RS) bahwa anaknya benar telah meninggal dunia, sang ayah kembali membawa jenazah anaknya dengan menggunakan motor menuju rumah duka," jelas Ricky.

Dia menyimpulkan kenapa jenazah dibawa menggunakan motor karena pihak orang tua almarhum tidak sabar menunggu kendaraan mobil jenazah yang akan disiapkan oleh RS Permata Pertiwi.

"Sehingga Jaya lebih memilih menggunakan motor untuk membawa jenazah anaknya dan ada warganet yang memviralkan. Bahkan, orang tua almarhum dan keluarganya sendiri tidak mengetahui viralnya video tersebut," ujar kapolsek.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top