Sebelum Buka Sekolah, Disdik Depok Akan Rapat dengan Satgas Covid-19

Selasa, 24 November 2020 - 07:52 WIB
loading...
Sebelum Buka Sekolah, Disdik Depok Akan Rapat dengan Satgas Covid-19
Belajar tatap muka di sekolah. Foto/Dok/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok hingga kini belum mengeluaran keputusan akan membuka kembali sekolah pada Januari 2021 atau tidak. Pasalnya, Disdik Kota Depok masih akan melakukan pembahasan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Tim Satgas terlebih dahulu.

“Lagi kita mau bahas dulu dengan tim di Pemda (Depok) juga dengan Tim Satgas, karena kan semua diserahkan ke daerah masing-masing oleh Pak Menteri. Kita nanti akan rapat dulu dengan semua internal baru nanti kita akan buat Surat Edaran (SE) wali kota ke sekolah. Sekolah seperti apa, berapa satu ruangan nanti munculdi SE itu,” kata Tamrin di Depok, Senin 23 November 2020.



Dipastikan SE tersebut akan dikeluarkan sebelum Januari 2021. Saat ini pihaknya masih melihat situasi terlebih dulu. “Belum (ada keputusan). Kita kan masih ini juga masih melihat situasi dulu Depok ini sebelum Januari. Desember kita akan buat SE ke semua sekolah. Kita beresin satu semester ini dulu,” paparnya.

Pihaknya akan mempertimbangkan sejumlah hal sebelum memutuskan membuka sekolah. Mulai dari kesiapan sekolah soal fasilitas cuci tangan, kapasitas siswa hingga alat thermo gun. Karena semua itu harus dipersiapkan oleh pihak sekolah sebelum diperbolehkan belajar tatap muka kembali.

“Kalau sekolah sudah siap, baru kita atur. Sekolah harus benar-benar siap, kalau belum siap kita ngga ijinkan,” tukasnya. ( )

Hal yang juga menjadi pertimbangan adalah izin dari orang tua. Jika orang tua tidak mengizinkan anaknya tatap muka pihaknya pun tidak mempermasalahkan. Karena berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) empat Menteri, keputusan membuka sekolah diserahkan pada tiga unsur yaitu pemerintah daerah, satuan pendidikan sekolah dan orang tua.

“Dan juga tergantung dari pernyataan orang tua. Kalau orang tuanya nggak mengijinkan tatap muka ya silahkan, kalau enggak mengijinkan ya silahkan,” tambahnya.

Pihaknya baru bisa memutuskan soal pembukaan sekolah setelah mendapat rekomendasi dari Satgas. Kemudian dilakukan kordinasi dengan Pemkot Depok. ( )

“Untuk keputusan dari rekomendasi satgas baru Disdik bisa mutusin buka atau tidak. Karena semua diserahkan pada pemda masing-masing dan tim satgas,” pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2186 seconds (0.1#10.140)