Jam Malam dan Pembatasan Pengunjung Bikin Kota Tua Sepi

Minggu, 15 November 2020 - 23:20 WIB
loading...
Jam Malam dan Pembatasan Pengunjung Bikin Kota Tua Sepi
Keramaian yang biasanya terjadi di Kawasan Kota Tua nyaris tak terlihat hari ini. Selain jumlah pengunjung dibatasi, jam malam juga diterapkan di kawasan Kota Tua. FOTO/DOk.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Keramaian yang biasanya terjadi di Kawasan Kota Tua nyaris tak terlihat hari ini. Selain jumlah pengunjung dibatasi, jam malam juga diterapkan di kawasan Kota Tua.

Dari pengamatan di lapangan, petugas membatasi pengunjung yang masuk ke kawasan Kota Tua. Petugas melarang masyarakat masuk jika kapasitas telah penuh. Menjelang sore, petugas juga terus menerus mengingatkan para pengunjung untuk pulang keluar kawasan.

Lorong Kota Tua yang biasa penuh dengan pengunjung juga sepi. Begitu pun Taman Fatahilla yang biasa ramai tampak sepi karena larangan berkumpul. Petugas menegur siapa pun yang terlihat berada cukup lama di taman. ( )

"Yah kalau biasanya penuh, tapi ini sepi. Lebih enak begini," kata Elga (31), pengunjung kota tua, Minggu (15/11/2020).

Elga mengakui sudah dua kali mengunjungi Kota Tua selama pandemi COVID-19. Selama itu pula dirinya melihat Kota Tua tak padat. Pengunjung cukup sepi seiring dengan adanya jam malam, mereka tak boleh berada di Taman Fatahilla di atas pukulm 18.00 WIB.

Akibat kebijakan ini, PKL yang biasanya mengelilingi taman, sepeti di Jalan Lada, Jalan Kunir, dan Jalan Bank, nyaris tak terlihat. Kebanyakan mereka terpantau di dekat Stasiun Kota. "Kalau di kota, siapa yang mau beli," ucap Hasan (54), PKL di Stasiun Kota. ( )

Hasan mengakui sejak pandemi COVID-19, dirinya hanya berjualan di Kota Tua pada siang hari. Menjelang sore, ia kemudian membawa gerobaknya berjualan di sekitaran Stasiun Kota.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)