Antisipasi Banjir, Sudin Pertamanan dan Hutan Jakpus Utamakan Relokasi Pohon

loading...
Antisipasi Banjir, Sudin Pertamanan dan Hutan Jakpus Utamakan Relokasi Pohon
Pohon besar ditanam di sekitar kawasan Monas. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
JAKARTA - Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat mengutamakan relokasi pohon dibanding penebangan untuk mendukung kegiatan antisipasi banjir di wilayahnya. Hal demikian disampaikan oleh Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus, Mila Ananda.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan antisipasi banjir di enam titik prioritas Jakarta Pusat, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota mendapatkan tugas melakukan evakuasi pohon disekitar lokasi. Karena ada sebagian pohon di enam lokasi itu menjadi tempat untuk membuat kolam olakan maupun perbaikan saluran.

"Jadi kita bantu untuk evakuasi pohon, untuk pembuatan kolam olakan atau perbaikan saluran," ujar Mila kepada wartawan, Sabtu (14/11/2020). (Baca juga: Perhutani Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana Banjir dan Longsor)

Meski harus mengevakuasi pohon yang ada, Mila menegaskan, akan mengutamakan relokasi pohon dibanding melakukan penebangan. Namun, jika tidak ada jalan lain, barulah ia melakukan penebangan.



"Sebisa mungkin kita upayakan relokasi, jika bisa direlokasi. Tapi jika harus ditebang, kami tebang," tegasnya. (Baca juga: Banjir Insentif Pajak untuk Dorong Sektor Industri di Tengah Pandemi)



Mila melanjutkan, jika pohon yang ada direlokasi maka pohon tersebut akan ditaruh di lokasi penampungan untuk disehatkan terlebih dahulu sambil menunggu lokasi untuk dipindahkan.



"Kita sehatkan dulu di penampungan, kalau ada lokasi yang butuh pohon bisa dipindahkan ke situ," tutupnya. (Baca juga: Pemkot Bandung Tanam 6.000 Bibit Pohon Tembakau, Ada Apa?)
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top