Antisipasi Banjir, Sudin Pertamanan dan Hutan Jakpus Utamakan Relokasi Pohon

Sabtu, 14 November 2020 - 14:55 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, Sudin Pertamanan dan Hutan Jakpus Utamakan Relokasi Pohon
Pohon besar ditanam di sekitar kawasan Monas. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat mengutamakan relokasi pohon dibanding penebangan untuk mendukung kegiatan antisipasi banjir di wilayahnya. Hal demikian disampaikan oleh Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus, Mila Ananda.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan antisipasi banjir di enam titik prioritas Jakarta Pusat, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota mendapatkan tugas melakukan evakuasi pohon disekitar lokasi. Karena ada sebagian pohon di enam lokasi itu menjadi tempat untuk membuat kolam olakan maupun perbaikan saluran.

"Jadi kita bantu untuk evakuasi pohon, untuk pembuatan kolam olakan atau perbaikan saluran," ujar Mila kepada wartawan, Sabtu (14/11/2020). ( )

Meski harus mengevakuasi pohon yang ada, Mila menegaskan, akan mengutamakan relokasi pohon dibanding melakukan penebangan. Namun, jika tidak ada jalan lain, barulah ia melakukan penebangan.

"Sebisa mungkin kita upayakan relokasi, jika bisa direlokasi. Tapi jika harus ditebang, kami tebang," tegasnya. ( )



Mila melanjutkan, jika pohon yang ada direlokasi maka pohon tersebut akan ditaruh di lokasi penampungan untuk disehatkan terlebih dahulu sambil menunggu lokasi untuk dipindahkan.

"Kita sehatkan dulu di penampungan, kalau ada lokasi yang butuh pohon bisa dipindahkan ke situ," tutupnya. ( )
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)