Pemkot Tangsel Siapkan Infrastruktur Pasang Kabel Bawah Tanah

Rabu, 11 November 2020 - 20:03 WIB
loading...
Pemkot Tangsel Siapkan Infrastruktur Pasang Kabel Bawah Tanah
Pemkot Tangsel mengaku akan menyiapkan infrastruktur untuk pemasangan kabel PLN atas menjadi di bawah tanah. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) mengaku akan menyiapkan infrastruktur untuk pemasangan kabel PLN atas menjadi di bawah tanah.

Namun, ada sejumlah pertimbangan untuk sampai ke tahap eksekusi pemasangan kabel bawah tanah itu. Yakni, nilai investasi yang tinggi dan sejauh mana pemasangan kabel bawah tanah itu dirasakan cukup mendesak.

Penanggung jawab (Pj) Sekda Kota Tangsel Bambang Noertjahjo mengatakan, nilai investasi yang harus disiapkan untuk pemasangan kabel bawah tanah jauh lebih mahal dari kabel atas. ( )

"Sebetulnya ini bicara lagi, investasi kabel atas dan bawah itu berbeda. Mereka (pihak PLN) harus menyiapkan investasinya dan itu tidak sedikit," kata Bambang kepada SINDOnews, di Pemkot Tangsel, Rabu (11/11/2020).

Pihaknya pun akan menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan jika ada perubahan kabal atas ke bawah nanti. Namun, pihaknya tidak mau gegabah beralih ke kabel bawah tanah. ( )

"Kita akan menyiapkan infrastruktur yang memungkinkan adanya perubahan kabel atas ke bawah. Kita juga tidak mau kayak di DKI, dia membuat insfrastrutur di bawah, tetapi pemaksaan, malah persoalan," ungkapnya.

Sebenarnya, kata dia, pada beberapa tempat di jalan-jalan utama, pemasangan kabel bawah tanah sudah mulai dilakukan. Pihak PU bahkan, telah melakukan ducting untuk pemasangan kabel bawah tanahnya.

"Sebetulnya sudah mulai dibeberapa spot, di jalan-jalam utama, pihak PU sudah melakukan persiapan ducting-ducting. Tetapi balik lagi, PLN nya siap tidak, karena inikan investasi. Biayanya tidak sedikit," paparnya.

Wacana pemasangan kabel bawah tanah ini, menurutnya terkait dengan estetika kota. Di mana, banyak kabel atas yang ada saat ini, tampak semrawut dan membuat kota kumuh. ( )

"Untuk yang semrawut itu yang kita fokusin. Kita sudah minta berkali-kali. Minta ke PLN agar melakukan pengecekan. Dia juga punya pihak ketiganya, nanti pihak ketiganya juga yang akan melakukan upaya itu," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)