Warga Diimbau Waspadai Puncak Iklim La Nina hingga Januari 2021

Selasa, 10 November 2020 - 03:02 WIB
loading...
Warga Diimbau Waspadai Puncak Iklim La Nina hingga Januari 2021
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Puncak iklim global La Nina menjadi pemicu meningkatnya curah hujan pada November 2020 hingga Januari 2021. Seperti yang dialami warga Jakarta, curah hujan mulai meningkat beberapa pekan terakhir dan diperkirarakan akan tetap sama hingga awal tahun depan.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta yang membidangi infrastruktur dan lingkungan hidup dari Fraksi PKS Dedi Supriadi mengimbau warga untuk waspada pada kondisi iklim ini. (Baca juga: 2 Indikator Suksesnya Penanganan Banjir di Jakarta versi Anies Baswedan)

Mengutip pernyataan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, ia pun mengingatkan ada sejumlah daerah yang berpotensi mengalami banjir dari November 2020 hingga Januari 2021. Hal ini disebabkan meningkatnya curah hujan yang dipicu puncak iklim global La Nina.

Sejumlah daerah tersebut, diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

“Meskipun Jakarta tidak masuk dalam perkiraan BMKG, namun kami tetap mengimbau untuk waspada,” jelas Dedi di kantor DPRD DKI, Senin (9/11/2020). (Baca juga: Hadapi Cuaca Ekstrem Dampak La Nina, Ridwan Kamil: Jabar Siaga 1 hingga Mei 2021)

Imbauan kewaspadaan ini di titikberatkan kepada pola sehat lingkungan masyarakat yang harusnya sebagai masyarakat kota, paham betul dengan kebersihan lingkungan yang dapat mengakibatkan banjir besar dibeberapa titik di Ibu Kota.

Pria yang juga Wakil Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta mengingatkan, dengan curah hujan yang tinggi, biasanya dibarengi dengan petir. Dia pun memberikan tips kepada warga untuk menghindari petir. Dedi berpesan kepada warga Jakarta untuk berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Segeralah masuk ke ruangan atau mobil jika berada di luar. Jika berada di kolam renang segeralah naik. Kemudian jangan berlindung di bawah pohon, jauhi tiang listrik, jangan berada di sawah, lapangan atau taman, dan jika sedang bersepeda motor segeralah berhenti dan cari tempat berlindung.

“Terakhir, jika sedang berteduh di luar ruangan, atur jarak 3 sampai 5 meter dengan orang lain,” tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)