Masyarakat Harus Terapkan Prokes Covid-19 saat Berwisata

Kamis, 05 November 2020 - 17:06 WIB
loading...
Masyarakat Harus Terapkan Prokes Covid-19 saat Berwisata
Salah satu atraksi hiburan yang dapat disaksikan pengunjung di Jakarta Aquarium.Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat masyarakat mulai jenuh dan tentunya membutuhkan rekreasi. Namun untuk pergi reaksi pun terkadang masih dihantui kekhawatiran terpapar Covid-19 karena tempat wisata yang ramai.

Bagi masyarakat yang ingin melepas penat untuk rekreasi bisa ke tempat-tempat wisata di dalam kota. Dan rekreasi pun tak harus dilakukan saat akhir pekan, di hari kerja tidak ada salahnya untuk mengambil cuti guna berekreasi bersama keluarga.

Namun tetap mengedepankan protokol kesehatan. Berikut ada beberapa tips untuk berwisata di hari biasa versi Head of Social, Branding, and Communication Jakarta Aquarium, Fira Basuki. Pertama, memilih hari. Jika harus pilih hari, pilih hari yang paling sedikit kerumunan, biasanya Senin-Kamis, walalupun Jumat masih terbilang lengang dibanding Sabtu-Minggu.

Bisa juga telepon dulu tempat wisata tersebut menanyakan hari apa saja yang sepi, tapi Anda masih bisa menikmati semua aktivitas. Misalnya di Jakarta Aquarium, bagian dari Taman Safari Indonesia Group, pada hari biasa pun bisa menikmati keberadaan 3.000 satwa lebih akuatik dan nonakutiatik.

Di lembaga konservasi ini, Anda tetap bisa melihat pertunjukkan satwa hingga memberi makan satwa, juga pertunjukkan opera puteri duyung yang menggabungkan atraksi panggung dan akuarium, Pearl of the South Sea. Perlu diperhatikan pada hari biasa memang beberapa mal memiliki jam buka beda dengan akhir pekan. Contohnya, Jakarta Aquarium yang mengikuti jadwal buka Neo Soho Mall saat Senin-Jumat pukul 11.00-20.00 WIB.

Kedua, tetap menerapkan protokol kesehatan. Pada hari biasa, Anda bisa lebih merasa tenang dan bisa menjalankan protokol kesehatan secara maksimal. Walaupun tentunya tempat wisata juga menjaga protokol kesehatan. Tapi, Anda bisa melihat suasana, menikmati segala fasilitas, dan leluasa berfoto bersama keluarga. (Baca: Bahayakan Pengguna Jalan, Proyek Galian Tanah di Cileungsi Ditertibkan)

"Jakarta Aquarium menjamin keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Seluruh karyawan dipastikan negatif Covid-19 dan rutin menjalani rapid tes, seluruh area kami desinfektan, tersedia wastafel dan hand-sanitizer di banyak titik di lokasi, dan tentunya kami sangat ketat dalam penjagaan jarak pengunjung," ujar Fira Basuki dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Kamis (5/11/2020).

Untuk saat pandemi ini ketika bepergian ke luar kota berisiko, Jakarta Aquarium menjadi tempat pilihan untuk refreshing di tengah kota Jakarta yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Dengan tagline Magic of the Living Planet, Jakarta Aquarium berukuran hampir dari satu hektare di mal dengan koleksi satwa akuatik, nonakuatik, dan hiburan dalam satu paket.

Ketiga, pilih tempat wisata yang memiliki beragam acara dan edukasi. Berkeliling tempat wisata, lebih seru jika tempat itu mengadakan suatu acara. Sehingga Anda bisa eksplor dan bisa lama berada di sana untuk menyegarkan pikiran.

Jakarta Aquarium memiliki aktivitas khusus untuk keluarga November 2020 ini dengan tajuk Glow in The Dark, 7-29 November 2020. Anak-anak bisa melukis di dinding yang 'menyala' di kegelapan, hingga aktivitas yang melibatkan slime, neo playdough, toples kunang-kunang, atau kegiatan lain.

“Namun yang tak kalau penting adalah berwisata memiliki nilai lebih jika kita jadi bisa belajar, menambah ilmu pengetahuan. Di Jakarta Aquarium, kita bisa menemukan satwa-satwa langka endemik Indonesia seperti Binturong dan Wallaby,” tutur Fira.

Empat, mencari tempat wisata yang tersedia rumah makan. Masyarakat harus mencari tempat wisata yang tempat makannya, entah restauran atau kafetaria, berada di tempat wisata. Pingoo adalah restauran yang menjadi bagian dari Jakarta Aquarium."Terakhir carilah tempat wsiata yang memiliki promo menarik," ujarnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)