Cari 43 Buaya Lepas di Cisadane, BPBD Tangerang Terjunkan 2 Perahu Patroli

Rabu, 04 November 2020 - 18:01 WIB
loading...
Cari 43 Buaya Lepas di Cisadane, BPBD Tangerang Terjunkan 2 Perahu Patroli
Sejumlah wartawan Kota Tangerang mengikuti patroli BPBD Kota Tangerang untuk mencari keberadaan buaya muara yang dikabarkan lepas di Sungai Cisadane.Foto/SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
TANGERANG - Rumor 43 buaya muara lepas ke Sungai Cisadane benar-benar meresahkan warga. Terutama, mereka yang banyak menggantungkan hidupnya di pinggir sungai.

BPBD Kota Tangerang pun tidak mau kecolongan, sebelum ada jatuh korban, BPBD melakukan penyusuran. Tetapi, dari kemarin mencari, BPBD tidak melihat satupun penampakan buaya yang lepas itu.

Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koswara mengatakan, hingga detik ini jajarannya masih melakukan pencarian dan belum menemukan satu ekor buaya. "Kami lakukan patroli dari kemarin hingga hari ini. Kami juga berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Tangerang, Tangsel, Kota bogor, Kabupaten Bogor dan Tagana Kota Tangerang," kata Deni di Cisadane, Rabu (4/11/2020).

Meski demikian, Deni mengaku tidak mau cepat mengambil kesimpulan video buaya muara yang lepas ke Cisadane dan viral itu hoaks. Namun, dia meminta warga jangan khawatir.

"Kami sudah menyisir sampai ke perbatasan Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Tidak melihat satu pun. Sampai hari ini, tidak ada satu pun. Kebenaran beritanya masih dipertanyakan," ungkapnya.

Untuk memastikan benar tidaknya buaya itu lepas ke Sungai Cisadane, BPBD sampai menerjunkan dua perahu patroli dari yang biasanya hanya satu yang digunakan.

"Sudah. Kita sampai ke wilayah perbatasan. Kami tetap mengimbau warga yang berada di pinggiran Sungai Cisadane agar tetap waspada, jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan, dan jangan panik," jelasnya.

Tidak hanya BPBD, para pegiat lingkungan dari Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) ikut melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu milik mereka. (Baca: Puluhan Buaya Lepas ke Cisadane, Banksasuci Telusuri Sungai)

Direktur Banksasuci Ade Yunus menuturkan, sejak beredar kabar puluhan buaya muara lepas ke Sungai Cisadane, pihaknya langsung melakukan penyisiran sungai. Hasilnya juga sama, tidak terlihat adanya satu buaya pun."Alhamdulillah, seharian tadi susur sungai sampai ke Cisauk dan Cipeucang, tidak menemukan yang ramai diperbincangkan," kata Ade kepada SINDOnews di Cisadane.

Dilanjutkan dia, berdasarkan video pesan WA yang tersebar, tampak sejumlah buaya terlepas masuk ke dalam Sungai Cisadane. Buaya-buaya tersebut berukuran cukup besar. "Hingga saat ini, belum ada pihak resmi penangkaran yang statement. Makanya, kita pastikan dengan susur sungai. Alhamdulillah, tidak menemukan buaya-buaya tersebut. Dari lokasinya, betul itu di Cisadane," ucapnya.
(hab)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1999 seconds (11.252#12.26)