Musim Hujan, Semua Perangkat Jakarta Siaga Hadapi Banjir Kiriman

Senin, 02 November 2020 - 10:23 WIB
loading...
Musim Hujan, Semua Perangkat Jakarta Siaga Hadapi Banjir Kiriman
Warga yang tinggal di bantaran kali diimbau agar mewaspadai banjir kiriman di musim penghujan ini. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyatakan seluruh perangkat daerah saat ini sudah siaga menghadapi banjir kiriman dari wilayah Bogor. Warga yang tinggal di bantaran kali diimbau agar mewaspadai banjir kiriman.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Juaini Yusuf, mengatakan, hal yang paling dikhawatirkan pada saat musim hujan saat ini adalah banjir kiriman. Dimana wilayah bantaran kali bakal terdampak.

Untuk itu, Pemprov DKI telah melakukan antisipasi dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan sistem informasi yang bisa digunakan warga untuk mengetahui kapan datangnya banjir kiriman. (Baca juga: Pansus Banjir DPRD DKI Bawa 5 Pesan Tri Rismaharini untuk Atasi Banjir Jakarta)

"Semua informasi sudah terhubung dengan sistem Smart City, aplikasi JAKI, dan sebagainya. Jadi di situ sudah ada prediksi cuaca, kondisi pintu air Katulampa, kapan akan datang banjir bila pintu air Katulampa dibuka, itu semua ada. Jadi sesegera mungkin masyarakat bisa mengantisipasi sebelum banjir datang," kata Juaini Yusuf saat dihubungi, Senin (2/11/2020). (Baca juga Info Grafis: Jakarta Diancam Banjir, Tiga Hal Ini Perlu Diantisipasi)



Selain itu, kata Juaini, apabila terjadi banjir, wilayah setempat sudah menyiapkan posko pengungsian beserta dengan evakuasinya. Semua perangkat daerah terkait juga sudah siap mengantisipasi akan terjadinya banjir kiriman.

Juaini berharap masyarakat daerah bantaran kali selalu siap tanggap dan segera mengungsi apabila ada informasi akan terjadinya banjir. (Baca juga: Banjir Kiriman dari Bogor, Permukiman di Curug Tangerang Terendam)

"Masyarakat bantaran kali harus selalu waspada akan adanya banjir kiriman. Apalagi jika air laut mengalami pasang dan terjadinya hujan lokal. Kami akan terus berkordinasi dengan pihak terkait," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)