Tak Punya Smartphone, Bocah SMP Ini Terancam Putus Sekolah

Senin, 26 Oktober 2020 - 17:05 WIB
loading...
A A A
Termasuk saat UTS, Adit memutuskan untuk tidak ikut ujian. Kondisi ini membuat pihak sekolah mendatangi rumahnya untuk mengkonfirmasi ketidakhadirannya. "Jumat (23/10/2020) lalu dari pihak sekolah datang ke sini karena saya tidak ikut sekolah daring dan ulangan," kata Adit.

Menurut Adit, ayahnya sudah menjelaskan kepada pihak sekolah bahwa kondisi ekonomi keluarganya terhimpit lantaran pandemi Covid-19. Meski begitu, pihak sekolah tidak dapat berbuat banyak. Mereka malah mengharapkan orang tua mengupayakan untuk membelikan Adit smartphone.

"Katanya kalau bisa harus beli smartphone biar bisa terus belajar," ungkap Aditya. (Baca juga: Pelajar Terlibat Aksi, Disdik DKI: Yang Penting Tetap Ikuti Sekolah Daring)

Aditya bukan tidak ingin belajar. Penyuka mata pelajaran IPA itu hanya tidak memiliki pilihan lain setiap kali melihat kondisi keuangan keluarganya. "Enggak tahu harus bagaimana. Pasrah saja," kata Adit.

Sementara san kakak, Rival Diansyah, berharap adiknya bisa segera memiliki smartphone. Ia tidak ingin adiknya bernasib sama dengannya putus sekolah.

Rival yang hanya lulusan SD dan masih berusia 16 tahun itu tidak dapat berbuat banyak untuk adiknya. Keduanya hanya bergantung kepada sang ayah yang sudah di PHK sejak awal pandemi Covid-19 terjadi Mei lalu.

"Mereka (pihak sekolah) katanya hanya bisa membantu untuk memberi kesempatan ulangan susulan kepada adik saya. Tapi mereka juga harap orang tua dapat memenuhi kebutuhan Adit," ujar Rival yang mendampingi Adit.

Dia berharap ada solusi dari pemerintah setempat agar adiknya bisa melanjutkan sekolah. Rival tidak mau adiknya putus sekolah seperti dirinya yang berhenti sekolah sejak duduk di bangku SMP.

Terlebih menurut Rival, prestasi adiknya di sekolah cukup baik. Ketika duduk di bangku SD, Aditya disebut kerap mendapatkan nilai 95. Nilai rata-rata Aditya saat Ujian Akhir Sekolah (UAS) SD saja mencapai 80. "Saya harap adik saya bisa lanjutkan sekolah. Jangan seperti saya yang sudah putus sekolah," tutup Rival.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)