Kolaborasi Gojek-MRT Percepat Integrasi Transportasi Publik di Jakarta

Minggu, 25 Oktober 2020 - 20:08 WIB
loading...
A A A
Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, menjelaskan, integrasi infrastruktur transportasi kian diperlukan demi meningkatkan pelayanan transportasi publik. (Baca juga: Tinjau Depo MRT, Wagub DKI Ingin Percepatan Pembangunan Fase II)

"Dalam integrasi, Gojek akan melayani last mile atau end mile. Turun dari MRT Lebak Bulus, Gojek bisa berperan mengantarkan masyarakat ke rumah. Integrasi ini yang sangat penting,” jelas William Sabandar.

Menurutnya, integrasi tak hanya aspek layanan tapi juga aspek ticketing lewat GoTransit. "Saya kira itu akan sangat bagus. Jadi masyarakat bisa merasakan suatu kenikmatan, dia keluar dari rumah pakai satu aplikasi sampai ke ujung dia udah selesai dengan satu sistem pembayaran,” kata William Sabandar.

Integrasi Transportasi Jabodetabek adalah program pemerintah di era Jokowi yang dilanjutkan hingga era Anies Baswedan dimana setiap moda transportasi umum di Ibu Kota akan terintegrasi satu dengan yang lain.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menjelaskan, pengembangan transportasi yang berkelanjutan tak hanya infrastruktur fisik tapi juga pengembangan sistem informasi dan komunikasi (ICT). Ditambah dengan adanya pandemi maka ada kewajiban penyedia transportasi untuk membuat protokol kesehatan baru. “Meski dalam pandemic kita harus move on dalam mengembangkan transportasi public yang aman dan baik,” kata Budi.

Ia menilai stasiun Kereta Api Cisauk di Kabupaten Tangerang, Banten bisa menjadi salah satu contoh integrasi moda transportasi yang baik. Sekaligus jadi contoh kolaborasi swasta dan pemerintah dalam membangun integrasi transportasi public.

Sementara, Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC Bernadia Irawati Tjandradewi mengatakan, pemerintah perlu banyak mendengar kebutuhan masyarakat. “Sehingga kebijakan yang dikeluarkan betul-betul berdasrkan kebutuhan masyarakat,” kata Bernadia.

Ia juga mengapresiasi Gojek, khususnya dalam masa-masa pandemi bisa membantu masyarakat dalam banyak hal. “Mitra driver masih berani berjuang bekerja melayani masyarakat. Saya juga ingat pernah saya dalam kondisi banjir, mitra Gojek tetap ada,” katanya

UCLG ASPAC merupakan divisi regional dari asosiasi kota pemda tingkat dunia untuk kawasan Asia Pasifik. Bermarkas di Jakarta, UCLG ASPAC menjadi bagian wilayah UCLG terbesar dengan jaringan melebihi 10.000 pemerintahan daerah.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)