Antisipasi Dampak La Nina, BPBD DKI Jakarta Lakukan Ini

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 02:05 WIB
loading...
Antisipasi Dampak La Nina, BPBD DKI Jakarta Lakukan Ini
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan wilayah Jakarta akan mengalami dampak fenomena La Nina lebih awal dari wilayah lainnya. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan wilayah Jakarta akan mengalami dampak fenomena La Nina lebih awal dari wilayah lainnya.

Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta M. Insaf mengatakan, dalam menghadapi dampak fenomena La Nina pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

"BPBD berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk antisipasi dampak cuaca buruk seperti banjir dengan dinas teknis DSDA utuk memantau peralatan pompa dan sebagainya," kata Insaf saat dihubungi, Sabtu (24/10/2020).

Tak hanya itu, lanjut Insaf, pihaknya juga akan memantau informasi terbaru dari BMKG jika ada peringatan dini yang dikeluarkan. Setelah itu, menyampaikan ke masyarakat agar mereka dapat melakukan antisipasi.

( ).

"BPBD akan selalu memantau peringatan dini dari BMKG untuk disampaikan ke masyarakar sebagai antisipasi dampak cuaca," ujarnya.
Antisipasi Dampak La Nina, BPBD DKI Jakarta Lakukan Ini

Sebelumnya, BMKG memastikan bahwa wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan mengalami dampak fenomena La Nina lebih awal dari wilayah lainnya.

La Nina merupakan fenomena alam yang berpotensi menambah curah hujan hingga 40% dari rata-rata normal lebih banyak di Tanah Air.

( ).

Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan, wilayah yang akan mengalami musim hujan lebih awal yakni di sebagian wilayah Sumatera dan Sulawesi serta sebagian kecil Jawa. "Termasuk Jabodetabek, Kalimantan, NTB dan NTT," kata Hary saat dihubungi Okezone, Kamis (22/10/2020).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)