Objek Wisata Kota Tua Kembali Dibuka, Pengunjung Masih Sepi

loading...
Objek Wisata Kota Tua Kembali Dibuka, Pengunjung Masih Sepi
Objek wisata Kota Tua dibuka kembali pada Minggu (18/10/2020) sore. Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
JAKARTA - Objek wisata Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, dibuka kembali pada Minggu (18/10/2020) sore. Meski demikian, pengunjung masih sepi alias tidak sebanyak sebelum pandemi Covid-19.

Saat ini baru dua pintu yang dibuka untuk pengunjung, masuk, yakni pintu Kota Intan dan pintu arah Bank Mandiri. Dua pintu itu terlihat petugas berseragam cokelat memantau pengunjung yang masuk. (Baca juga: Cegah Klaster Baru, Kota Tua Jadi Sasaran PSBB Total)

Mereka mengimbau kepada pengunjung untuk memakai masker saat masuk halaman Kota Tua. Meski demikian, saat memasuki halaman Kota Tua masih banyak pengunjung tidak dicek suhu tubuh. Mereka juga tak mewajibkan mencuci tangan meskipun tempat cuci tangan berjejer di sekeliling Kota Tua.





Selain itu, pengunjung di sana banyak membandel dengan membuka masker saat berswafoto maupun saat petugas lengah. Sekalipun terlihat petugas tak menegur.

Petugas hanya akan tegas apabila pengunjung memasuki halaman tengah Museum Taman Fatahilla. Meski demikian, lorong sekitar halaman boleh dihinggapi hilir mudik pengunjung.

Pengunjung memang hanya boleh memenuhi pinggiran halaman tengah Kota Tua. Mayoritas dari mereka hanya dapat berfoto di tempat tersebut. (Baca juga: Pengunjung Taman Mini Tembus 7.000 Orang Hari Ini, Masyarakat Kangen Rekreasi?)

Sementara itu, kafe-kafe di kawasan itu terlihat sudah buka dan mulai dikunjungi wisatawan. Begitupun dengan tiga museum, yakni Museum Fatahillah, Museum Keramik, dan Museum Wayang, mulai dibuka meski kondisinya sepi.



Untuk membatasi penyebaran Covid 19, pengelola museum membatasi pengunjung yang masuk dengan tak lebih dari 100 orang pengunjung.

Selain itu, mereka yang masuk wajib dicek suhu tubuh, memberikan nomor handphone, menunjukan KTP, dan memakai masker. Namun tetap saja beberapa pengunjung terlihat tidak memakai masker.

Seorang pengunjung dari Cibinong, Bogor, Nurul, beralasan
membuka masker lantaran ruangan museum sepi."Biasanya buka masker hanya saat mau foto-foto saja sih," kata Nurul.

Nurul mengaku baru berwisata kembali ke Kota Tua di tengah pandemi Covid-19. Ia datang menggunakan KRL dari Bogor ke Kota Tua, karena Jakarta kembali menerapkan pelonggaran PSBB.

"Dari kemarin mau main tapikan Kota Tua ditutup. Jadi baru bisa wisata sekarang ini," tutupnya.
(thm)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top