Gara-gara Salah Paham, Warga Bongkar Jembatan di Cibubur Jaktim

loading...
Gara-gara Salah Paham, Warga Bongkar Jembatan di Cibubur Jaktim
Jembatan penghubung di RW 04 Kelurahan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur dibongkar paksa warga karena menyebabkan banjir. Foto: Ist
JAKARTA - Jembatan penghubung di RW 04 Kelurahan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur dibongkar paksa warga. Akibatnya, akses jalan terputus dan tidak bisa dilalui.

Camat Ciracas Mamad mengatakan, pembongkaran jembatan berawal saat seorang warga tanpa izin membangun tembok pembatas di sekitar jembatan untuk keamanan warga melintas di jembatan. "Awalnya karena dibuat tembok pembatas dengan tujuan agar tidak ada yang tergelincir saat lewat jembatan," ujarnya, Kamis (15/10/2020).

Lantaran tidak dibarengi komunikasi yang baik, pembuatan tembok pembatas itu banyak dikeluhkan warga karena diduga biang kerok banjir saat hujan turun. Debit air di saluran penghubung saat hujan deras naik karena tertahan tembok sehingga air meluap ke permukiman warga. (Baca juga: Jadi Empat Lajur, Arus Lalu Lintas di Kalimalang Lancar)

Pada awal Juli 2020 warga membuat surat yang ditujukan kepada ketua RW setempat dan ditembuskan ke Lurah Cibubur. Kemudian laporan itu segera ditangani agar tidak terjadi perseteruan yang lebih besar.



"Saat itu kita mediasi dan menemukan solusi. Pertama melubangi tembok agar aliran air lancar, kedua membongkar tembok, dan ketiga meninggikan jembatan," katanya.

Hasil mediasi tersebut warga memilih melubangi tembok, namun air tetap saja meluap ke permukiman warga sehingga opsi kedua akhirnya menjadi pilihan warga. "Jadi dipilih untuk dibongkar karena melubangi tembok tidak efektif mengatasi banjir di permukiman," ujar Mamad. (Baca juga: Pemkot Bogor Kembali Bahas Rencana Proyek Tol BIRR)

Akibat pembongkaran jembatan penghubung itu membuat akses warga terhambat. Pihak Kelurahan Cibubur mengambil langkah untuk membangun jembatan kembali mengingat jembatan ini menjadi salah satu akses penghubung.



"Sekarang ketua RW dan ketua RT setempat sedang mengupayakan pembuatan jembatan dan akan meninggikannya agar tidak terjadi banjir di permukiman warga," katanya.
(jon)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top