Sempat Ditahan, Jurnalis Merahputih.com Keluar dari Polda Metro Jaya

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 22:53 WIB
loading...
Sempat Ditahan, Jurnalis Merahputih.com Keluar dari Polda Metro Jaya
Polisi menembakkan gas air mata menghadapi massa pengunjuk rasa yang menolak UU Cipta Kerja, Kamis (8/10/2020). Seorang jurnalis yang sempat dikabarkan hilang saat meliput aksi tersebut akhirnya keluar dari Polda Metro Jawa pada Jumat (9/10/2020). Foto/do
A A A
JAKARTA - Jurnalis Merahputih.com atas nama Ponco Sulaksono akhirnya bisa keluar dari Polda Metro Jaya usai sempat ditahan lebih dari 1×24 jam bersama massa yang juga ditangkap dalam aksi demonstrasi menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Ponco sempat dikabarkan hilang saat tengah melakukan peliputan unjuk rasa penolakan Omnibus Law. Dia mengaku, sekitar pukul 17.00 WIB pada Kamis (8/10) kemarin, posisinya berada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan, Ponco terlihat keluar dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya sekitar pukul 20.30 WIB. Dia mengucap syukur dan bisa pulang ke kediamannya. "Alhamdulillah semua sehat, ini luka sedikit saja kena aspal," ujar Ponco di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/10/2020) malam.

(Baca: Jurnalis MERAHPUTIH.COM Hilang saat Meliput Aksi Tolak Omnibus Law UU Ciptaker)

Pada saat diamankan aparat, Ponco sudah mengaku dan menunjukkan identitas pers. Namun, aparat seperti tidak mengindahkan dan sekitar pukul 01.30 WIB atau Jumat (9/10) dini hari, Ponco ditempatkan bersama massa unjuk rasa di gedung tahanan titipan Polda Metro Jaya.

"Saya sudah bilang saya wartawan, id card (kartu pers) saya tunjukan ke aparat," kata Ponco.

Sekitar pukul 15.00 WIB, Ponco kemudian dimintai keterangan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, soal aktifitasnya dalam aksi kemarin. Lalu, sekitar pukul 21.00 WIB usai bebas, Ponco yang bertugas peliputannya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantas dikunjungi Deputi Penindakan KPK, Karyoto. Jenderal bintang satu itu kemudian menanyakan kondisi Ponco.

(Baca: Dikabarkan Hilang, Tiga Jurnalis Pers Mahasiswa GEMA Ditemukan)

"Bagaimana sehat?," tanya Karyoto.

"Alhamdulillah Pak. Ini memar kena aspal," jawab Ponco.

Sementara itu, Direktur LBH Pers Ade Wahyudin mengaku pihaknya turut mengadvokasi enam orang jurnalis di Pold Metro Jaya. Dia menyebut, enam orang jurnalis berhasil dikeluarkan setelah sempat diamankan polisi.

"Enam orang berhasil kita keluarkan malam ini, ini yang tadi di Ditkrimsus ya. Semoga sudah tidak ada lagi," ungkap Ade.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)