Program Gerebek Lumpur, Kelurahan Tugu Selatan Himpun 60 Kg Sampah Plastik

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 19:05 WIB
loading...
Program Gerebek Lumpur, Kelurahan Tugu Selatan Himpun 60 Kg Sampah Plastik
Petugas kebersihan Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara mengumpulkan sampah plastik yang merupakan bagian dari kegiatan Gerebek Lumpur. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Dalam rangka mengantisipasi datangnya musim penghujan , Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara menggelar Gerebek Lumpur di setiap lingkungan Rukun Warga (RW).

Lurah Tugu Selatan Sukarmin mengatakan, kegiatan ini dilakukan secara serentak. Gerebek Lumpur ini bukan hanya sedimentasi yang dibersihkan dari dalam saluran air tetapi juga sampah yang menyumbat saluran. "Semua jenis sampah kita angkat dari saluran," ujar Sukarmin, Jumat (2/10/2020). (Baca juga: Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Barat Keruk Lumpur dan Sampah)

Dari sampah plastik yang berhasil diangkat, seluruhnya dikumpulkan dan ditabung ke Bank Sampah Berkah untuk dilakukan proses pembersihan.

"Sampah plastik berupa gelas dan botol tersebut ditabung ke Bank Sampah Berkah Kelurahan Tugu Selatan. Untuk hasilnya diperkirakan sampai 60 kilogram," katanya.

Pihak Kelurahan Tugu Selatan mengimbau masyarakat untuk memisahkan sampah plastik yang dimiliki dan menabungnya di bank sampah. "Tujuannya selain bernilai ekonomi juga bagian dari upaya menjaga lingkungan dan mencegah bencana banjir," ucapnya. (Baca juga: Tinjau Pengerukan, Plt Sekda DKI Instruksikan Petugas Amankan Seluruh Saluran Air)
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)