Gerakan Saling Berbagi Indonesia CARE Direspons Positif di Tengah Pandemi COVID-19

Jum'at, 18 September 2020 - 20:51 WIB
loading...
Gerakan Saling Berbagi Indonesia CARE Direspons Positif di Tengah Pandemi COVID-19
Gerakan Saling Berbagi yang dilakukan Indonesia CARE saat pandemi COVID-19 dan PSBB mendapat respons positif dari berbagai lapisan masyarakat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Gerakan Saling Berbagi yang dilakukan Indonesia CARE saat pandemi virus Corona atau COVID-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mendapat respons positif dari berbagai lapisan masyarakat.

Para pekerja harian mulai keluhkan soal penghasilan, ojek online dan bajaj kesulitan dapat penumpang, pedagang keliling di juga sepi pembeli. Akibatnya tak ada uang yang bisa dibawa pulang. "Karena tak bisa bawa pulang uang, maka di rumah tak ada yang bisa dimakan," ungkap Adi Suminto, pengusaha bajaj di wilayah Sunter Jaya, Jakarta Utara, Jumat (18/9/2020).

Dia pun merasa terbantu dengan program Gerakan Berbagi Pangan yang digagas Indonesia CARE. Apalagi kegiatan tersebut sudah beberapa kali dilaksanakan di wilayahnya. "Sambutan masyarakat begitu luas, Ini tradisi asli Indonesia, saling berbagi makanan sudah ada sejak dulu," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan ketua RT 004/03 Sunter Jaya, Aminudin. Warga di wilayahnya antusias ikut partisipasi menyumbang untuk program ini. Sedangkan penerima manfaatnya banyak juga dari RT-RT lain. (Baca juga; Jam Aktivitas Warga Depok Dilonggarkan, Pedagang Bisa Jualan Sampai Pukul 20.00 WIB )

Salahsatu warga penerima manfaat program Gerakan Saling Berbagi ini, Anita mengaku terbantu. "Semoga ngga cuma hari Jumat aja. Soalnya makin sulit cari uang setelah Corona merebak," kata wanita paruh baya tersebut.
Gerakan Saling Berbagi Indonesia CARE Direspons Positif di Tengah Pandemi COVID-19

Ditempat yang sama GM Program Indonesia CARE, Repil Ansen mengungkapkan, program ini insya Allah sangat terasa manfaatnya. Konsepnya masyarakat yang punya kelebihan kemampuan berbagi makanan baik itu beras, sayur, lauk pauk hingga roti digantung. Masyarakat yang butuh silakan memilih dan mengambil satu kantong yang ada.

"Masyarakat bisa ikut partisipasi langsung baik dalam donasi uang atau dalam bentuk Natura. Ini positif sekali dan bisa digetuk tularkan di daerah-daerah lain," katanya mengungkap program Gerakan Saling Berbagi yang digaungkan Indonesia CARE. (Baca juga; Kapolda Metro dan Pangdam Jaya Pantau Operasi Yustisi di Jakarta Utara )

Indonesia CARE akan memasifkan gerakan ini menjadi gerakan nasional dengan momentum PSBB tahap dua ini. "Ngga usah malu atau sungkan untuk datang menyalurkan donasi Natura. Kalau memang ngga ingin kelihatan bisa juga dengan transfer ke rekening kemanusiaan Indonesia CARE di BNI Syariah 7000-555-292," beber Repil yang juga aktivis Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) itu.

Bahkan bukan hanya Gerakan Saling Berbagi saja. Bersedekah juga bisa dilakukan dengan sisa minyak jelantah. Program Gerakan Kumpulkan Minyak jelantah juga tengah digalakkan di masyarakat oleh Indonesia CARE. "Konsep dan metodenya kami sampaikan pekan depan," ujarnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)