Empat Tahanan Lapas Bulak Kapal Positif Covid-19

Kamis, 17 September 2020 - 12:35 WIB
loading...
Empat Tahanan Lapas Bulak Kapal Positif Covid-19
Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bekasi mengkonfirmasi empat tahanan Lapas Kelas II A Bulak Kapal, Bekasi terpapar Covid-19.
A A A
JAKARTA - Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bekasi mengkonfirmasi empat tahanan Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Bulak Kapal , Bekasi terpapar Covid-19. Hal itu diketahui setelah petugas melakukan tes terhadap ratusan tahanan yang berada di wilayah Kecamatan Bekasi Timur tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi , Tanti Rohilawati mengatakan, dari ratusan orang tahanan Lapas Bulak Kapal yang mengikuti kegiatan pengecekan corona, sekitar empat orang terpapar Covid-19."Hasil itu keluar, setelah satgas melakukan tes swab terhadap para tahanan itu," kata Tanti kepada wartawan Kamis (17/9/2020).

Menurut dia, total tahanan yang telah diperiksa sebanyak 250 orang sejak beberapa waktu lalu. Dari total jumlah yang diperiksa, empat diantaranya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan melalui metode Swab."Rencananya dirujuk ke RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur," ujarnya.

Tanti menjelaskan, empat tahanan yang positif Covid-19 tersebut tengah melangsungkan proses peradilan di Kejaksaan Negeri Bekasi, dan sempat dititipkan di Lapas Kelas IIA Bulak Kapal Bekasi."Kita masih terus lacak keberadaan Covid-19 di Lapas Bulak Kapal, Bekasi Timur," ungkapnya. (Baca: Giant se-Bogor Tutup karena Ada Pegawainya Meninggal, Ini Penjelasan Satgas Covid-19)

Pihaknya telah beberapa kali melakukan pemeriksaan terhadap tahanan di Lapas, lantaran Lapas sudah melebihi kapasitas. Pemeriksaan biasanya diminta oleh pihak kepolisian untuk dilakukan terhadap tahanan yang dititipkan. Pemeriksaan dalam jumlah besar biasanya dilakukan langsung di lokasi Lapas.

"Karena disana sudah penuh, sempat kita 200 (tahanan yang diperiksa), ada yang langsung disana (Lapas), ada juga yang kesini (posko Satgas),” imbuhnya. Untuk itu, pemerintah daerah juga meminta intansi vertikal untuk terus menerapkan protokol kesehatan guna menekan angka penyebaran Covid-19.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)