Kamar Rumah Sakit untuk Pasien Gejala Berat di Depok Sudah Penuh

Selasa, 15 September 2020 - 14:31 WIB
loading...
Kamar Rumah Sakit untuk Pasien Gejala Berat di Depok Sudah Penuh
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
DEPOK - Ketersediaan tempat tidur bagi pasien dengan gejala berat di rumah sakit Kota Depok saat ini sudah penuh. Adapun untuk pasien dengan gejala ringan dan sedang, sudah terisi di atas 50 persen.

“RSUD yang penuh ICU. Yang untuk ringan, sedang, dan maksudnya kasus berat, itu masih ada lowongan istilahnya. Kita hitung seluruh (rumah sakit) Kota Depok, tidak hanya RSUD,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Selasa (15/9/2020). (Baca juga: Pasien Covid-19 Meningkat, Ruang ICU dan HCU di Depok Nyaris Penuh)

Di Depok, ada sembilan RS rujukan Covid-19. Dengan rincian, untuk pasien bergejala ringan sudah terisi 63 persen dan skala sedang 81 persen. “Yang (gejala) berat memang sudah 100 persen. Itu yang ICU dan perlu oksigen segala macam,” ungkapnya.

Kondisi ini tentunya perlu segera ditangani. Misalnya, menyiasati akan melakukan rujukan kemana bagi pasien yang dimaksud. “Ini akan kita siasati untuk nanti kita merujuk ke mana, kita sedang konsultasi ke pusat dan provinsi,” ucapnya. (Baca juga: Gawat, Rumah Sakit di Kota Bekasi Hampir Penuh Tangani Pasien COVID-19)

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Depok, Alif Noeriyanto Rahman, mengakui terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Depok sejak relaksasi PSBB. Kondisi tersebut membuat pihaknya kesulitan mencari RS rujukan.

“Ya betul (ada tren melonjaknya pasien Covid-19 di Depok dengan gejala berat), sejak relaksasi PSBB. Kondisi di lapangan terjadi beberapa peningkatan atau ekskalasi yang mereka susah mencari rujukan ICU atau high care. Kami juga tidak menyangka kondisinya seperti itu” katanya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)