Fact Checker UI, Relawan Pembasmi Virus Hoaks Corona

Jum'at, 27 Maret 2020 - 06:04 WIB
Fact Checker UI, Relawan Pembasmi Virus Hoaks Corona
Fact Checker UI, Relawan Pembasmi Virus Hoaks Corona
A A A
DEPOK - Upaya penanggulangan Covid-19 secara nyata dilakukan oleh kaum muda, khususnya mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Fact Checker UI.

Sejak akhir Februari 2020, Direktorat Kemahasiswaan UI bersama 12 mahasiswa yang tergabung dalam Fact Checker UI mengeluarkan informasi tentang mana saja informasi hoaks seputar Corona yang terus membanjiri media sosial.

"Ini adalah upaya kami untuk membantu masyarakat agar menjadi 3P yaitu Percaya-Peduli-Persiapkan diri. Data menunjukkan bahwa nyaris di seluruh dunia, respons sosial masyarakat, khususnya kaum muda terhadap penyebaran virus ini cukup lamban," kataDirektur Kemahasiswaan UI Devie Rahmawati, Kamis (26/3/2020). (Baca juga: Sempat Sesak Napas, Dosen UI Berstatus PDP Corona Meninggal)

Masih ada saja anak muda yang berkumpul dan melakukan aktivitas di ruang-ruang publik. Literasi informasi menjadi salah satu strategi utama untuk terus mengingatkan publik agar memiliki rasa kegawatdaruratan.

"Partisipasi kaum muda (mahasiswa UI) meliputi berbagai sektor tidak hanya di bidang kesehatan dengan menjadi relawan di fasilitas-fasilitas kesehatan, tetapi juga dengan menjadi relawan pembasmi virus hoaks Corona," ucap Devie yang pernah menerima Australian Awards 2019.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6976 seconds (0.1#10.140)