DKI Siapkan Grand Cempaka untuk Para Tenaga Medis Covid-19

Kamis, 26 Maret 2020 - 20:15 WIB
DKI Siapkan Grand Cempaka untuk Para Tenaga Medis Covid-19
DKI Siapkan Grand Cempaka untuk Para Tenaga Medis Covid-19
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berikan fasilitas khusus untuk para tenaga medis yang menangani virus Corona (Covid-19) . Selain mendapatkan rapid tes prioritas, para tenaga medis tersebut mendapatkan kamar hotel berikut dengan fasilitasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, garda terdepan dalam menghadapi wabah Covid-19 ini adalah tim medis. Mereka yang berada paling depan pekerjaannya paling keras, paling berat dan risikonya paling besar. Seperti yang diketahui, jumlah tenaga medis yang terpapar di Jakarta itu sampai 50 orang dan dua meninggal. Untuk itulah, dukungan tenaga medis ini mutlak dibutuhkan.

"Pertama, untuk perlindungan kita siapkan APD, kemudian kedua juga tes covid rapid test yang alat tesnya dimiliki sekarang diprioritaskan pertama adalah untuk seluruh tenaga medis, sehingga mereka memiliki rasa tenang dan juga bila ada gejala awal, mereka cepat bisa tertangani," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Selain itu, lanjut Anies, tugas tim medis sangat melelahkan dan mereka merasa perlu untuk tidak pulang ke rumah karena khawatir membawa risiko buat keluarganya. Untuk itu, kata dia, Pemprov DKI Jakarta tengah menyiapkan fasilitas tempat tinggal kepada tenaga medis bagi dokter bagi perawat untuk mereka tinggal di hotel di Grand Cempaka milik Pemprov DKI.

Sehingga, mereka bisa istirahat dengan tenang, nyaman, dan semua kebutuhannya terpenuhi. Termasuk makanannya dan mereka tidak harus jauh-jauh pulang ke rumah. (Baca Juga: Surat Anies Baswedan untuk Tim Medis Corona Bikin Haru
"Keluarga pun merasa tenang. Karena keluarganya ayahnya ibunya adiknya kakaknya yang sedang bekerja keras menghadapi ini punya tempat tinggal yang nyaman dan layak," ungkapnya. (Baca Juga: Lawan Corona, Wakil Ketua DPRD: Perlu Gerakan Bersama
Pada pagi hari ini saja, Anies menyebutkan setidaknya ada 138 tenaga medis yang sudah memanfaatkan tempat di Grand Cempaka. Sedikitnya ada 220 kamar dengam 414 tempat tidur di sana. Menurutnya, fasilitas inap di hotel Bagi Tenaga Medis ini bukan sehari atau dua hari saja. Melainkan dengan waktu panjang.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini pun berharap, langkah ini menjadi kolaborasi bagi semua pihak. Dia menyampaikan terima kasih kepada perkumpulan jasa boga Indonesia yang ikut berpartisipasi, juga food station, lalu susu diamond, Bank DKI, dompet dhuafa dan Pasar Jaya untuk memiliki chambers disinfeksi. Sehingga lsemua tenaga medis yang datang mengalami proses desinfeksi dulu baru kemudian masuk ke fasilitas.

"Ada 3 tempat lain yang sedang dalam persiapan. semuanya di bawah jaktour. Ada tiga Hotel atau penginapan yang nanti akan digunakan. Jadi total yang nantinya bisa menampung Itu hampir 700 tempat tidur yang akan bisa menampung seluruh tenaga medis, dokter dan perawat," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6313 seconds (0.1#10.140)