alexametrics

SPPSI Jakarta Serahkan APD untuk 2 RS Rujukan Covid-19

loading...
SPPSI Jakarta Serahkan APD untuk 2 RS Rujukan Covid-19
SPPSI Jakarta menyerahkan APD kepada RSUD Koja, Jakarta Utara, Kamis (26/3/2020). Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) menyerahkan sejumlah kebutuhan alat pelindung diri (APD) kepada dua rumah sakit yang menjadi rujukan pasien positif Corona atau Covid-19. APD itu berupa baju, masker, Google glass dan sarung tangan. Dua RS tersebut adalah, RSUD Kecamatan Tanjung Priok dan RSUD Koja.
Untuk RSUD Tanjung Priok terdiri 50 pcs coverall, 50 pcs kaca mata, 4 boks masker dan 1 boks sarung tangan. Sementara RS Koja bantuan berupa 100 pcs coverall, 5 box masker sensi, 100 pcs kacamata dan 2 boks sarung tangan. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh perwakilan SPPSI Jakarta yang diterima oleh masing-masing perwakilan rumah sakit.Ketum SPPSI Muhammad Syafirin mengatakan, penyaluran bantuan berupa APD ini dalam rangka meringankan beban masyarakat. Khususnya, kata dia, dokter dan tenaga medis yang terlibat langsung dalam penanganan virus Corona. "Kita harap nanti bantuan ini bisa dimanfaatkan oleh para medis untuk kebutuhan sehari-hari mereka," tuturnya dalam keterangan persnya, Kamis (26/3/2020).
Dikatakannya, para tenaga medis sempat dicemaskan dengan kekurangan APD sehingga mereka terganggu dengan kondisi keselamatan diri sendiri. "Ada banyak kekurangan APD ini, misalnya security, yang penyiapkan makanan, cleaning servis mereka tidak kebagian peralatan ini. Pasti mereka sangat membutuhkan ini, makanya kita serahkan," terangnya.

Dana bantuan tidak hanya di galang dari anggota SPPSI saja, melainkan dari pekerja Pertamina lainnya yang merasa sama sama prihatin melihat kondisi saat ini. (Baca juga: Tanggap Darurat Corona di Kabupaten Tangerang Diperpanjang hingga 23 Mei 2020)

Syafirin menyebut, berbagai rumah sakit rujukan covid-19 menghadapi kekurangan APD bagi tenaga kesehatan. Oleh karena itu, pihaknya mengadakan penyediaan dan pendistribusian APD bagi tenaga kesehatan yang berkontak langsung dengan pasien.



"Kami mendistribusikan APD ini untuk tenaga kesehatan dan seluruh elemen rumah sakit, di RS Koja dan RSUD Tanjung Priok," kata Sekjen SPPSI, M Anis. (Baca juga: Bekasi Siapkan Stadion, Asrama Haji dan Islamic Center untuk Ruang Isolasi Covid-19)

Pihaknya memilih kedua RS tersebut karena menjadi RS rujukan yang sangat mendesak membutuhkan peralatan tersebut. "Rumah sakit rujukan penanganan covid-19 saat ini sangat membutuhkan," terangnya.

Harapannya lebih banyak lagi APD yang terkumpul untuk bisa menyalurkan ke 9 rumah yang telah siagakan menangani pasien covid-19. Bantuan ini, menurut Anis merupakan bantuan tahap awal kepada dua RS. Diharapkan bantuan selanjutnya dapat menyentuh rumah sakit lainnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak