Pengurus Klaim Pemakaman Muslim Ini Terindah dan Bebas Banjir

Rabu, 18 Maret 2020 - 00:16 WIB
Pengurus Klaim Pemakaman Muslim Ini Terindah dan Bebas Banjir
Pengurus Klaim Pemakaman Muslim Ini Terindah dan Bebas Banjir
A A A
JAKARTA - Biasanya kompleks pemakaman selalu dikesankan seram dan kadang dipercaya ada makhluk halus penunggunya. Namun, hal itu jauh berbeda dengan kompleks pemakaman Al-Azhar Memorial Garden yang berlokasi di Karawang Timur, persis di pinggir jalan Tol Jakarta Cikampek.

"Ini tempat pemakaman terindah," kata Pengurus Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar Shobahussurur yang menjadi pengelola taman pemakaman Islam seluas 25 hektar tersebut, Selasa (17/3/2020).

Selain memiliki taman yang indah, Al-Azhar Memorial Garden bisa menampung sekitar 29.000 ribu jenazah muslim. Kawasan ini juga bebas banjir.

"Aman, tidak terkena banjir," kata Shobahussurur, ketika ditanya apakah pada musim hujan dan banjir sekarang ini ada makam yang tergenang. "Kawasan kami di tanah datar, tidak ada bukit-bukit. Sistim pengairannya berjalan baik," tambahnya.

Al-Azhar Memorial Garden memiliki konsep makam merupakan bagian dari taman. Oleh karena itu dilengkapi dengan gedung serbaguna, gazebo, dan pohon rindang serta bunga-bunga.

"Kami juga memiliki Gedung Pemulasaraan untuk memudahkan pengurusan jenazah mulai dari memandikan, mengkafani dan mensholatkan hingga dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden," katanya lagi.

Saat ini, Gedung Pemulasaraan Al Azhar Memorial Garden sangat membantu keluarga, terutama jika rumah kediamannya tidak bisa dipakai untuk jenazah disemayamkan. "Bawa saja jenazah kemari, biarkan kami urus semua kewajiban prosesi pengurusan jenazah," kata Shobahussurur.

Hal itu, lanjutnya, pembangunan Al-Azhar Memorial Garden memang bertujuan untuk memberikan pilihan bagi umat Islam untuk dapat dikuburkan di pemakaman muslim sesuai syariat Islam. Dengan adanya walkway di depan setiap makam, maka makam tidak terinjak, terlangkahi dan terduduki.

Taman Pemakaman Muslim Al-Azhar Memorial Garden dibangun sejak 2011. Akses menuju pemakaman Islam ini kini lebih mudah karena telah beroperasinya Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek. Jarak tempuh menuju Al Azhar Memorial Garden lebih cepat karena dekat langsung keluar Tol Karawang Timur.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8127 seconds (0.1#10.140)