UNJ akan Gelar Seminar Peranan Sultan Zainal Abidin Syah Menjaga Kedaulatan NKRI

Rabu, 11 Maret 2020 - 11:47 WIB
UNJ akan Gelar Seminar Peranan Sultan Zainal Abidin Syah Menjaga Kedaulatan NKRI
UNJ akan Gelar Seminar Peranan Sultan Zainal Abidin Syah Menjaga Kedaulatan NKRI
A A A
JAKARTA - Pemda Tidore dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan melangsungkan Seminar Nasional tentang Peran Sultan Zainal Abidin Syah dalam Mempertahankan Kedaulatan NKRI pada Kamis, 12 Maret 2020 besok.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan memori sejarah bangsa Indonesia akan peran Sultan Zainal selepas Proklamasi 1945. Tidore sebagai kerajaan maritim yang memiliki luas wilayah kekuasan sangat luas meliputi sebagian Maluku dan Papua menyatu dalam NKRI salah satu atas jasa Sultan Zainal Abidin Syah.

Zainal Abidin Syah lahir di Tidore pada 5 Agustus 1912. Beliau menempuh pendidikan di HIS Ternate 1924, Mulo Batavia 1928 dan Asvia Makassar 1934. Zainal Abidin ditetapkan sebagai Gubernur Provinsi Irian Barat pada 23 September 1956 di Soa-Sio Tidore. Zainal Abidin wafat 4 Juli 1967 di Ambon dan dimakamkan di Taman Bahagia, Ambon. Kemudian pada tahun 1986 kerangka jenazahnya dipindahkan ke Soa-Sio Tidore.

Sekretaris Humas UNJ E. Nugrahaeni Prananingrum menyatakan, Seminar Nasional akan bertempat di Aula Latief Hendraningrat Universitas Negeri Jakarta. Seminar ini direncanakan akan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, dihadiri oleh Gubernur Maluku Utara, Wali Kota Tidore, dan yang menjadi pembicara adalah Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, Sultan Tidore H.Husain Alting Sjah, Peneliti Sejarah Budaya Maluku Mus Huliselan, Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano, Dosen IPB dan Putra Sultan Zainal Abidin Syah Mahmud Raimadoya, serta Neneng Ridayanti, dari Arsip Nasional RI.

Sekretaris Humas UNJ menjelaskan, Rektor UNJ Komarudin sangat mendukung terselenggarakannya kegiatan Seminar Nasional. "Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membangun kesadaran sejarah dan rasa nasionalisme mahasiswa dan masyarakat Indonesia. Juga menyadarkan akan pentingnya menjaga persatuan dan kedaulatan NKRI," katanya melalui siaran pers, Selasa (10/3/2020).
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4438 seconds (0.1#10.140)