73 Tenaga Medis RS Mitra Diliburkan, 40 Orang Alami Gejala Batuk, Flu dan Demam

Senin, 02 Maret 2020 - 16:43 WIB
73 Tenaga Medis RS Mitra Diliburkan, 40 Orang Alami Gejala Batuk, Flu dan Demam
73 Tenaga Medis RS Mitra Diliburkan, 40 Orang Alami Gejala Batuk, Flu dan Demam
A A A
DEPOK - Sebanyak 73 tenaga medis di Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga Depok diketahui pernah berinteraksi dengan MD (64) dan putrinya NT (31) pasien yang terjangkit virus Corona . Saat itu pasien sedang menjalani pengobatan dengan keluhan sesak napas.

Setelah didiagnosa lebih lanjut, pasien tersebut positif terkena Corona dan langsung dirujuk ke RSPI Sulianti Suroso, Jakarta Utara. Hal itu menyebabkan puluhan tenaga medis RS Mitra Keluarga Depok pun harus diliburkan sementara. Mereka dipantau dari jauh oleh tim medis.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono menuturkan, total yang didata mencapai 73 orang petugas medis. "40 orang di antaranya menunjukan gejala batuk, pilek dan demam, sedangkan tanpa gejala 33 orang. Kemudian ada keluarga dari petugas medis Rumah Sakit Mitra satu orang," kata Hardiono kepada wartawan, Senin (2/3/2020). (Baca: Dua Orang Positif, Warga Depok Mulai Resah Penularan Virus Corona)

Sebagai tindak lanjut, pihaknya membuka call center. Jika ada warga yang mengalami indikasi dimaksud bisa langsung menghubungi Call Centre. "Tindak lanjutnya kita buat aduan cepat, menggunakan call center 112 yang ada di Kota Depok. Kemudian pendataan dan investigasi pasien covid 19, ini terus menerus terhadap pasien yang ada di Mitra sebelumnya," ucapnya.

Dia juga meminta puskesmas yang ada di Kota Depok diminta untuk memantau pasien tanpa gejala. "Penanganan terhadap pasien dengan gejala yakni penanganan rumah sakit dengan rujukan ke RSPI Sulianto Suroso," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4176 seconds (0.1#10.140)