alexametrics

Limbah Nuklir Cs 137 di Rumah Warga Kompleks Batan Ternyata Hasil Curian

loading...
Limbah Nuklir Cs 137 di Rumah Warga Kompleks Batan Ternyata Hasil Curian
Limbah nuklir di Perumahan Batan Indah, Setu, Kota Tangsel, ternyata hasil curian salah satu warga setempat.Foto/SINDOnews/Hasan Kurniawan
A+ A-
TANGERANG SELATAN - Teka teki limbah nuklir di Perumahan Batan Indah, Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), akhirnya terkuak. Limbah nuklir dicuri salah seorang warga.

Hal ini terungkap dari ditemukannya paparan radioaktif baru di rumah salah seorang warga di Blok A, No 22, RT 20/04, Perumahan Batan Indah, pagi tadi. Temuan ini pun kontan menghebohkan warga perumahan tersebut.

Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan mengatakan, dari penyidikan pihak kepolisian diketahui bahwa ada pencurian limbah nuklir oleh warga itu.



"Ya, telah ditemukan penguasaan terduga beberapa sumber radioaktif atau bagian dari sumber radioaktif secara tidak sah di salah satu rumah warga di Perumahan Batan Indah," kata Indra di Batan Indah pada Senin (24/2/2020).

Menurut Indra, pencurian limbah nuklir ini terungkap berkat kerja sama yang baik antara pihak kepolisian dengan Bapeten. Adapun, jenis material nuklir yang ditemukan Cs-137.(Baca: Heboh, Radiasi Nuklir Baru Ditemukan di Rumah Warga Kompleks Batan Indah)

"Sumber radioaktif tersebut di antaranya berjenis Cs-137 dan ada beberapa jenis radioaktif lainnya. Bareskrim Polri bersama Bapeten telah melakukan olah TKP dan mengamankan barang buktinya," ujarnya.

Meski demikian, Indra tidak merinci dari mana sumber limbah nuklir itu dicuri. Untuk mengamankan lokasi, polisi telah memasang police line di rumah itu untuk penyidikan.

"Pihak kepolisian sampai saat keterangan ini dirilis, sedang mengambil keterangan dari warga pemilik rumah tersebut. Ini merupakan titik terang atas kasus ditemukannya limbah radioaktif Cs-137 di Batan Indah," ucapnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak