alexametrics

Pelapisan Aspal Cobblestone di Monas untuk Balapan Formula E, Ini Penjelasannya

loading...
Pelapisan Aspal Cobblestone di Monas untuk Balapan Formula E, Ini Penjelasannya
Proses pengaspalan untuk balapan Formula E disiapkan di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (22/2/2020). Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja A
A+ A-
JAKARTA - Panitia Formula E tengah melakukan uji coba pelapisan aspal seluas 60 meter persegi di atas cobblestone bagian tenggara Silang Monas, Jakarta Pusat.

Deputi Bidang Teknis Formula E Jakarta Wisnu Wardhana membeberkan beberapa fakta pelapisan cobblestone di Monas. Pertama, lumrah diterapkan di beberapa sirkuit Formula E seperti di Paris dan Roma.

"Dikerjakan di atas hamparan seluas 32.000 meter persegi dari keseluruhan 68.176 meter persegi area cobblestone," kata Wisnu, Sabtu (22/2/2020).



Untuk lintasan membentang dari menjelang tikungan 9, 10, 11, 12, 1 hingga selepas tikungan 2. Untuk kawasan, hamparan membentang dari bagian barat daya, barat, selatan, sedikit timur hingga tenggara Silang Monas.

"Lapisan di atas cobblestone yakni geotextile (tipis), aspal kasar (9 cm), aspal halus (4 cm). Lapisan di atas cobblestone yakni sand sheet (2 cm), aspal kasar (7 cm), aspal halus (4 cm)," tambahnya.

Khusus di bagian barat daya, ada slope (lereng) aspal penyeimbang ketinggian hingga tidak terlalu terjal. Slope akan membentang 40 meter dari batas cobblestone dengan aspal. Ini adalah permintaan FIA terkait safety.

"Setelah digunakan untuk balapan Formula E lapisan aspal dapat dikelupas dan aspalnya digunakan kembali untuk kebutuhan lain," ujar Wisnu. (Baca juga: Penyelenggara Formula E Pastikan Balapan Digelar di Monas)
(jon)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak