alexametrics

Sosialisasi Pilkada 2020, Dandim Depok Ingatkan Pentingnya Netralitas

loading...
Sosialisasi Pilkada 2020, Dandim Depok Ingatkan Pentingnya Netralitas
Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok menggelar sosialisasi Pilkada Kota Depok 2020. Foto/SINDOnews/Ratna Purnama
A+ A-
DEPOK - Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok menggelar sosialisasi Pilkada Kota Depok 2020. Kegiatan ini diikuti ratusan personel Kodim 0508/Depok di Aula Makodim Depok. Sosialisasi ini sebagai bekal para prajurit ketika berada di lapangan dalam pelaksanaan Pilkada Depok 2020.

"Ini bagian dari kesiapan dalam menghadapi Pilkada Depok 2020. Bagaimanapun juga prajurit harus siap," ujar Komandan Kodim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, Kamis (20/2/2020).

Dia menekankan pada pentingnya sikap netral bagi prajurit TNI. Kemudian hal-hal apa saja yang harus dilakukan sehingga netralitas tetap terjaga. "Prajurit harus tahu apa yang harus dilakukan dalam bertugas sehingga tidak ada pelanggaran sedikitpun terutama tentang netralitas," tegasnya.



Di tempat yang sama, Ketua KPU Depok Nana Shobarna memberikan pemaparan seputar pelaksanaan Pilkada Depok 2020 yang akan digelar pada 23 September 2020. "Kami (KPU) diundang untuk memberikan pengarahan terhadap prajurit TNI terkait netralitas dalam Pilkada Depok," katanya.

Dalam pemaparannya, Nana menjelaskan mengenai tahapan pilkada mulai dari proses awal hingga akhir pelaksanaan. Termasuk penjelasan soal netralitas prajurit TNI yang tidak boleh masuk dalam ranah pilkada.

"Kita sampaikan bahwa netralitas prajurit harus dijaga. Selain itu tahapan pilkada juga kami jelaskan sehingga dapat dipahami alurnya," jelas Nana.

Dikatakan Nana bahwa ini adalah sosialisasi pertama kali yang dilakukan stakeholder. Dan dirinya sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Nana menambahkan bahwa sosialisasi ini juga diperlukan bagi prajurit TNI agar tahu batas netralitas dan tahapan di lapangan.

"Saya sangat apresiasi kegiatan yang digelar Kodim 0508/Depok ini karena prajurit TNI juga harus tahu tahapan pilkada sehingga jika ada yang bertanya maka mereka sudah tahu informasi yang harus diberikan," pungkasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak